Bagaimana Media Sosial Bisa Membantu Anda Menghasilkan Uang Lebih Banyak?

 

Pernahkah terbesit di benak Anda mengapa ada produk yang laris dan ada yang biasa saja?  Mengapa ada sebuah konten yang viral di internet, ada yang menyebar ala kadarnya? Apakah suatu hal jadi sangat populer itu terjadi karena kebetulan? Ternyata tidak.

Mungkin Anda dengar ketika orang memberi label ‘unik’, ‘original’, atau ‘baru’ sebagai faktor yang terdapat pada sebuah peristiwa sehingga menjadi viral. Ini juga berlaku bagi produk yang dijual oleh para pelaku bisnis. Produk ini juga berlaku untuk gagasan, iklan atau campaign. Pertanyaannya adalah media apa yang menjadikab berbagai produk itu bisa laku?

 

Memanfaatkan Media Sosial untuk Branding

Apakah Anda seorang yang aktif menggunakan media sosial? Seberapa intens Anda berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya itu? Lalu seberapa banyak Anda mengikuti sosok yang populer di media sosial? Baiklah, ini memang bukan tentang apa dan siapa pengguna media sosial itu, tapi tentang apa yang bisa dilakukan dengan media sosial. Kini tidak terlalu sulit untuk menemukan target pasar untuk produk tertentu. Dilihat dari klasifikasi penggunanya, orang-orang di bidang marketing digital bisa melihat sedemikian rupa, kepada siapa mereka harus menjual dan seperti apa cara brandingnya.

 

Melihat Tren Belanja Online

Jika generasi yang lebih tua biasanya lebih suka datang langsung dan berbelanja secara konvensional, lain halnya dengan generasi zaman sekarang, generasi milenial yang sudah lebih familiar belanja secara online. Sebelum berbelanja mereka sudah memiliki perbandingan produk yang akan dibeli. Mereka akan bertanya terlebih dahulu terhadap produk yang ingin mereka beli tersebut di media sosial.

 

Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Profil Media Sosial

Ada pula yang masih merasa ragu-ragu untuk belanja secara online, berkaitan dengan trust atau rasa kepercayaan konsumen terhadap suatu toko tertentu. Inilah pentingnya menampilkan profil yang jelas. Perlu juga tampilkan testimoni dari pelanggan untuk menarik pelanggan lain.

Testimoni terbukti sangat efektif meningkatkan interaksi dengan konsumen bahkan konversi penjualan karena umumnya pembeli akan percaya dengan tempat untuk berbelanja yang sudah dikunjungi banyak orang dan memberi kesan positif. Kesan positif itu disampaikan dalam bentuk testimoni. Apalagi konsumen online shop zaman sekarang, mereka cenderung mencari review atau testimoni dari orang lain terlebih dahulu sebelum membeli.

Dengan demikian, media sosial juga bisa membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang jika pengguna bisa bijak dalam menggunakannya, misalnya untuk branding usaha. Lalu bagaimana cara menarik konsumen lebih banyak?

 

Temukan jawabannya di seminar bisnis Branding Your Market Segmentation dari IbizCoach pada tanggal 21 Maret 2018. Info lengkap hubungi 08112652244.