Membangun Tim yang Pandai Berinsiatif saat Mencapai Target Bersama

 

Tim yang hebat identik dengan anggota-anggota yang hebat dan pemimpin yang hebat. Team work seperti ini akan lebih mudah melaksanakan strategi mereka dalam mencapai target yang sudah ditetapkan.

Lalu apakah Anda pernah mendengar sebuah ungkapan: If you want to go fast, go alone If you want to go far, go together? Mungkin pernah, tapi apakah cukup menghayati maknanya? Kira-kira seperti ini: “Kalau Anda ingin pergi dengan cepat, pergilah sendiri. Tapi kalau ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama.”

 

Adanya Pembagian Kerja untuk Setiap Individu yang Spesifik

Aktivitas kerja tidak berdiri sendiri, tapi terdiri atas individu yang unik dan potensi yang spesifik.  Inisiatif akan muncul apabila masing-masing individu menyadari keunikannya, dan apa yang bisa dilakukan dengan keunikannya itu. Masing-masing Individu memiliki kelebihan dan kekurangan, yang dapat saling melengkapi.

Dengan kata lain yang lebih sederhana, ketika kita bekerja dengan tim, kita tidak perlu mengurus semuanya sendiri.  Dengan kerja tim, diharapkan tugas-tugas jadi tidak terlalu berat karena adanya pembagian pada beberapa rekan kerja.

 

Fokus pada Team Work yang Mengikuti Sistem

Kerja tim (team work) sepertinya menjadi salah satu istilah favorit di tempat kerja, karena organisasi apapun adalah sebuah sistem. Secara formal, sistem memiliki pola keteraturan, sistemik dan pola-pola aplikasi manajemen. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Setiap tim pada unit atau bidang kerja menghasilkan output kerja.

 

Pengaruh Pemimpin yang Menjadi Teladan

Standar kepuasan orang memang berbeda-beda, saat itulah dibutuhkan sosok pemimpin dalam tim. Dalam setiap kelompok atau organisasi, kepemimpinan adalah unsur yang menentukan. Karakter kepemimpinan yang ada akan mempengaruhi kelompok di dalam mencapai tujuan. Sebuah team work pasti memiliki pemimpin atau koordinator. Pemimpin itu harus menjadi teladan dalam pekerjaan maupun gaya hidupnya.

Seorang pemimpin juga hadir untuk menginspirasi orang lain, yakni anggotanya untuk menjadi yang terbaik dalam kerjanya. Jika Anda adalah pemimpin, barangkali sudah paham hal ini: kepemimpinan tidak selalu terlihat pada hal-hal apa yang Anda lakukan-tetapi apa yang orang lain lakukan sebagai respon dari Anda.

Semakin kuat pemimpin memotivasi atau mendorong anggota untuk melakukan sesuatu, maka team work akan semakin produktif untuk menghasilkan kinerja terbaik.