Berapa Lama Sebenarnya Waktu yang Dibutuhkan untuk Membentuk Kebiasaan Baru?

Diposting pada



Waktu yang Dibutuhkan untuk Membentuk Kebiasaan Baru

 


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan baru? Ada yang berkata 1 bulan, ada yang 90 hari, ada yang 21 hari, dan seterusnya. Kita mulai dengan cerita dari blog jamesclear.com, tentang seorang ahli bedah plastik pada 1950-an bernama Maxwell Maltz. Ketika ia mulai memperhatikan ‘pola aneh’ di antara pasiennya.

Ketika Dr. Maltz akan melakukan operasi plastik, ia menemukan fakta bahwa diperlukan waktu sekitar 21 hari bagi pasien untuk terbiasa melihat wajah baru mereka. Demikian pula, ketika seorang pasien memiliki lengan atau kaki yang diamputasi, Maxwell Maltz memperhatikan bahwa pasien akan membutuhkan selama sekitar 21 hari sebelum menyesuaikan dengan kondisi yang baru.

 

‘Mitos 21 Hari’

Pengalaman-pengalaman ini mendorong Maltz untuk memperhatikan bahwa untuk membentuk kebiasaan baru, butuh waktu, minimal, sekitar 21 hari. Banyak fenomena lain yang cenderung menunjukkan bahwa ia membutuhkan sekitar 21 hari untuk sebuah gambaran yang baru.

Dan saat itulah masalahnya dimulai. Tapi orang-orang mulai lupa bahwa dia berkata ‘minimal 21 hari’ dan disingkat menjadi, “Dibutuhkan 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru.” Begitulah masyarakat mulai ‘menyebarkan mitos umum’ bahwa dibutuhkan 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Kenyataannya adalah: Jika cukup banyak orang mengatakan sesuatu, maka semua orang mulai mempercayainya.

Cukup masuk akal dan mudah dimengerti mengapa ‘Mitos 21 Hari’ itu menyebar. Siapa yang tidak ingin gagasan mengubah hidupnya hanya dalam tiga minggu? Masalahnya adalah Maxwell Maltz hanya mengamati apa yang terjadi di sekitarnya.

Lebih jauh, dia mengatakan bahwa ini adalah jumlah minimum waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan perubahan baru. Jadi apa jawaban sebenarnya? Berapa lama untuk membentuk kebiasaan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan buruk? Apakah ada ilmu yang mendukung hal ini? Dan yang lebih penting: apa arti semua ini bagi kita?

 

Waktu Dibutuhkan untuk Membangun Kebiasaan Baru

Phillippa Lally adalah peneliti psikologi kesehatan di University College London. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology, Lally dan tim penelitiannya memutuskan untuk mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan.

Studi ini meneliti kebiasaan 96 orang selama periode 12 minggu. Setiap orang memilih satu kebiasaan baru selama 12 minggu dan melaporkan setiap hari tentang apakah mereka melakukan perilaku dan seberapa otomatis perilaku itu dirasakan.

Beberapa orang memilih kebiasaan sederhana seperti ‘minum sebotol air saat makan siang’. Yang lain memilih tugas yang lebih sulit seperti ‘berlari selama 15 menit sebelum makan malam.’ Pada akhir 12 minggu, para peneliti menganalisis data untuk menentukan berapa lama setiap orang beralih dari memulai perilaku baru ke melakukannya secara otomatis.

 

Apa Jawabannya?

Rata-rata, dibutuhkan lebih dari 2 bulan sebelum perilaku baru menjadi otomatis, tepatnya 66 hari. Dan berapa lama kebiasaan baru terbentuk dapat sangat bervariasi tergantung pada perilaku, orang, dan keadaan. Dalam studi Lally, butuh waktu antara 18 hari hingga 254 hari bagi orang untuk membentuk kebiasaan baru.

Dengan kata lain, jika Anda ingin menetapkan harapan Anda dengan tepat, sebenarnya Anda mungkin perlu waktu dua hingga delapan bulan untuk membangun perilaku baru ke dalam hidup Anda, bukan 21 hari.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar

 

Pencarian Terbaru: