4 Rekomendasi Untuk Memilih Lokasi Usaha

Ada dua unsur penting dalam setiap organisasi yaitu unsur statis dan dinamis. Yang termasuk dalam unsur statis adalah aset berharga berupa tanah dan bangunan yang dipakai untuk usaha. Yang termasuk dalam unsur dinamis adalah SDM atau pelaku usaha itu. Kali ini kita akan membahas tentang pentingnya lokasi yang menjadi tempat usaha.

Seperti yang disadur dari majalah Money&I, Untuk memilih lokasi untuk usaha, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan misalnya modal yang ada, bentuk usaha, dan tingkat kemudahan akses untuk menuju ke sana.

Lalu Bagaimana Rekomendasi untuk Memilih Lokasi Usaha?

Lakukan survei di lokasi tersebut apakah di sana ada usaha sejenis seperti yang Anda dirikan. Jika ada, ukur kemampuan, apakah memungkinkan untuk bertahan dengan persaingan. Hindari membuka usaha eceran di kawasan industri. Hal itu bukan positioning yang tepat di mana orang melakukan kegiatan bisnis.

1.Memilih Tempat Usaha di Rumah

Mungkin kita sering melihat bahwa yang biasa dipakai untuk lokasi usaha adalah toko atau ruko. Tapi, bisa juga memilih rumah tanpa toko sebagai tempat usaha bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki modal yang tak cukup besar. Contoh usaha yang bisa dijalankan di rumah adalah catering, laundry, salon, printing, bimbingan belajar.

2.Memilih Tempat Toko atau Ruko

Jika Anda memiliki modal yang besar, maka Anda bisa memilih menyewa ruko atau toko untuk usaha Anda. Tapi bukan jaminan bahwa menempati toko atau ruko di tempat ramai dikunjungi orang pasti sukses. Inilah beberapa rekomendasi sebelum memilih lokasi usaha.  

3.Pertimbangkan Rencana Jangka Panjang

Kalau Anda memiliki keyakinan dan orientasi jangka panjang, maka bangunan tersebut harus sesuai dengan standar pertumbuhan 2-5 tahun ke depan. Aspek ini penting untuk diperhatikan karena memindahkan usaha yang telah berkembang tentu memiliki sejumlah risiko.

4.Membangun Usaha Tanpa Lokasi

Mungkinkah membangun usaha tanpa lokasi yang menetap? Jawabannya adalah mungkin. seorang yang menjalankan bisnis secara online bisa bekerja di mana saja, asalkan ada koneksi internet dan tim yang solid. Bisnis ini umumnya dikerjakan di rumah atau di sebuah basecamp yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan.

Itulah rekomendasi untuk memilih lokasi usaha. Anda pun bisa memilih yang paling sesuai dengan kondisi.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!