Mengapa Kita Harus Selalu Memperbarui Kemampuan Diri dan Apa Pengaruhnya untuk Bangsa

 

Bangsa yang besar memiliki karakter kuat, mulai dari pribadi orang-orangnya yang berkepribadian tangguh, mandiri serta memiliki tanggungjawab. Intinya, kita perlu memperbarui kualitas kemampuan diri. Ketika setiap diri selalu memperbarui kemampuan, ternyata berpengaruh untuk kehidupan yang luas.

Bukan berarti memandang terlalu jauh, kita perlu memahami bahwa bangsa ini memiliki kekuatan sumber daya alam yang melimpah.

Entah  itu aset laut, hutan, minyak, dan tambang. Untuk mengelolanya membutuhkan tenaga-tenaga terampil untuk dapat mengolahnya secara efektif. Sayang sekali kalau sumber daya manusia yang ada kurang memadai untuk mengelola kekayaan tersebut, sehingga (pengelolaan SDA itu) harus diserahkan pada pihak asing, sementara masyarakat hanya menjadi penonton.

 

Entrepreneur Menjadi Perhatian Utama

Dibandingkan dengan ketersediaan lapangan kerja yang ada, sering kali terjadi ketidakseimbangan antara pertambahan jumlah angkatan kerja setiap tahun. Tentu saja kondisi seperti ini akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat dalam upaya mendapatkan pekerjaan.

Sementara hidup ini tetap harus berjalan dan penghasilan tetap harus diperoleh untuk menutup berbagai kebutuhan hidup.

Menurut Peter Drucker (1996), seorang entrepreneur senantiasa mencari perubahan, menaggapi, dan memanfaatkannya sebagai peluang. Di sini entrepreneur dipahami sebagai pribadi yang mencintai perubahan karena dalam perubahan tersebut peluang selalu ada.

Kewirausahaan adalah suatu gejala perilaku yang bersumber dari konsep atau teori, bukan kepribadian yang bersumber dari intuisi.

 

Pendidikan Entrepreneurship di Indonesia

Pendidikan entrepreneurship di Indonesia masih kurang memperoleh perhatian yang cukup memadai, baik oleh dunia pendidikan, masyarakat, maupun pemerintah. Banyak praktisi pendidikan yang kurang memperhatikan aspek-aspek penumbuhan mental, sikap, dan aktivitas kewirausahaan peserta didik, baik di sekolah kejuruan maupun professional sekalipun. Orientasi mereka, pada umumnya, hanya pada upaya-upaya menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai.

 

Memperbarui Kemampuan Diri dengan Pendidikan Mental

Pendidikan mental merupakan proses yang membutuhkan waktu panjang atau lama, bahkan bisa memakan waktu sampai satu generasi. Oleh karena itu, proses pembentukan mental entrepreneurship yang lebih alami (natural) harus dilakukan ketika peserta didik mulai masuk lembaga pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Jadi, apakah Anda sudah memperbarui kemampuan diri?

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!