Bagaimana Memperkuat Value dalam Bisnis Anda agar Bisa Menjadi Pembeda dari yang Lain

 

Value bisa diartikan secara harfiah sebagai nilai. Dalam bisnis, value adalah sesuatu yang bisa menjadi alasan datangnya customer karena mereka melihat sesuatu yang sangat bernilai bagi dirinya. Melalui value itulah customer akan kembali datang kepada Anda. value yang Anda tawarkan juga bisa mengikat dan menguasai hati customer untuk mengabarkan ke yang lain hal positif yang didapatkan setelah transaksi.

Jika Anda saat ini sebagai business owner, sebaiknya fokuslah membangun value, maka keuntungan materi akan mudah mengikuti. Jika kita sempat mempelajari prinsip kesuksesan pengusaha sukses, meskipun mereka omsetnya sudah sangat besar, tapi ternyata visi mereka bukan uang.

 

Mereka  Memberikan Value yang Menjadi Solusi

Lalu apa sebenarnya yang mereka cari? Bukan mengejar materi, mereka focus pada value pada apapun yang mereka berikan yang bisa menjadi solusi bagi customer. Bicara tentang peran pengusaha di lingkup Negara, kita butuh pengusaha yang benar-benar membuat value yang menjadi solusi bagi masalah orang banyak.

 

Value dalam Setiap Keputusan yang Diambil

Setiap hari kita menghadapi keputusan-keputusan. Kita tahu bahwa tujuan keputusan adalah untuk memilih yang terbaik, menyelesaikan setiap permasalahan. Ketika keputusan ini dibuat dalam urusan perusahaan, hasilnya dapat meningkatkan pencapain bisnis. Untuk memberikan value yang tercermin pada setiap keputusan itu juga butuh ‘jam terbang’. Entrepreneur yang masih berusia muda bisa saja membuat keputusan yang kurang bijak dan bahkan terpengaruh faktor emosi. Bagaimana keputusan dalam mengelola keuangan, pilihan investasi, teknik pemasaran, juga keputusan-keputusan yang berhubungan dengan SDM.

Memberikan value bisa dilakukan dengan meningkatkan knowledge, skill dan attitude yang berhubungan dengan keputusan bisnis yang harus dibuat. Kapan Waktu Terbaik Membangun Value dalam Bisnis? Sebelum memulai bisnis tentu Anda memahami secara mendalam terkait aktivitas yang yang perlu dilakukan berkembang. Tentukan keunggulan utama dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

Miliki Model Bisnis yang Dipersiapkan dengan Matang

Pastikan untuk memiliki model bisnis telah cukup dipersiapkan, agar mampu tetap bertahan. Buat catatan tentang setiap sumber daya bisnis yang diperlukan. Sumber daya yang dimaksud dapat berupa SDM, modal finansial, lokasi strategis, daftar pelanggan, hak cipta produk, dan sebagainya.