Cara Memperlakukan Konsumen Sebagaimana Kita Ingin Diperlakukan secara Manusiawi

Bagaimana cara kita memperlakukan orang, maka begitulah yang kita terima. Lebih dari urusan transaksional, konsumen pun perlu diperlakukan secara manusiawi. Jika Anda memperlakukan mereka dengan belas kasih dan hormat, Anda dapat menginspirasi kesetiaan mereka. Pelanggan Anda adalah alasan keberadaan perusahaan Anda: melayani dan mempertahankannya adalah keniscayaan

 

Apa yang membuat konsumen memilih Anda?

Konsumen Anda mungkin mudah saja menemukan 10 produk lain yang menawarkan cukup banyak seperti yang Anda tawarkan, tetapi ketika mereka sudah suka dengan layanan Anda, mereka akan mudah menjadi pelanggan yang setia kembali.

Bahkan ketika terjadi kesalahan pun mereka tidak akan mudah untuk berpindah ke tempat lain. Seperti yang kita pahami, pelanggan adalah sumber daya yang berharga: umpan balik mereka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk produk Anda dan membangun merek Anda.

Untuk melayani orang dengan tulus, personal, dan penuh ‘welas asih’ sebenarnya adalah inti dari pekerjaan customer service menurut definisi yang paling dasar. Intinya memperlakukan customer sebagai manusia seperti kita juga.

 

Komunikasi autentik dan efisien

Cara terbaik untuk memastikan Anda memberikan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan adalah membangunnya berdasarkan kondisi mereka, yang disampaikan dengan bahasa mereka. Ini adalah tentang komunikasi yang autentik. Menjaga kepuasan pelanggan yang ada seringkali lebih penting daripada mencoba memenangkan yang baru. Mereka cenderung suka dengan keadaan bahwa si penjual mengenal mereka dengan baik.

Selanjutnya, membangun hubungan dengan pelanggan Anda yang diperoleh melalui komunikasi yang autentik mengarah ke loyalitas pelanggan. Loyalitas adalah kunci, terutama ketika terjadi kesalahan, karena pelanggan Anda mencoba meninggalkan Anda. Dan ketika Anda memberitahu mereka bahwa Anda sedang membuat penyelesaian, mereka benar-benar mempercayai Anda.

Pada intinya, pelanggan adalah sumber daya berharga, kunci keberhasilan perusahaan, dan oleh karena itu hormati mereka. Setiap solusi dan inovasi dimanusiakan, mengakui bahwa pelanggan dan agen adalah orang nyata dengan perjuangan hidup sehari-hari seperti kita semua.