Inilah 5 pertimbangan Sebelum Mencari Sosok Mentor untuk Bisnis Anda

 

Keberadaan mentor bisnis kini tidak terlepaskan dari kemajuan bisnis yang dijalani. Kita bisa mencari atau meminta seseorang untuk menjadi mentor bisnis kita.

Mencari mentor bisnis juga bisa dilakukan dengan cara mengikuti program atau kelas mentoring yang memang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Siapapun mentor hebat yang kita inginkan dan di bidang apap pun, ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan dalam memilih seorang mentor bisnis agar hasil yang didapatkan bisa lebih baik seperti berikut ini;

 

1.Selaraskan dengan Tujuan-tujuan Anda

Sebagaimana kata pepatah mengatakan, ‘Apa untungnya bagi seseorang jika dia bisa menguasai seluruh dunia tapi kehilangan jiwanya sendiri?’ Bisa dibilang, orang-orang paling bahagia di dunia adalah yang aktivitasnya sejalan dengan nilai-nilai yang diyakininya. Pilih mentor yang memiliki pemikiran dan pandangan yang selaras dengan Anda.

 

2.Aspek apa yang Ingin Ditingkatkan

Banyak orang yang bekerja keras di luar sana untuk mencapai target tertentu, padahal sebenarnya itu bukan yang mereka inginkan. Pertama-tama sebelum mencari mentor untuk bisnis Anda, tentukan dulu: Apa yang ingin Anda pelajari? Aspek apa yang ingin ditingkatkan? Mentor akan memberi masukan strategis, bukan membaca pikiran.

Pastikan untuk fokus pada orang yang benar-benar Anda hormati dan yang ‘satu frekuensi’ dengan Anda.

 

3.Pilih Mentor Ahli di Bidangnya

Seorang mentor idealnya harus ahli dalam bidang tertentu khususnya bidang bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda serta mampu menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Sebaiknya jangan memilih mentor generalis, yang cenderung memberikan saran secara umum  yang bisa Anda cari sendiri di internet. Intinya, mereka dapat membimbing dan melatih Anda dengan sebaik-baiknya

 

4.Kreatif Membangun Keakraban

Sejak awal pahamilah bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang membutuhkan saran dan bimbingan seputar strategi sukses berbisnis. Orang yang Anda inginkan menjadi mentor juga dibutuhkan oleh orang lain. Lakukan pendekatan yang efektif, langsung tepat sasaran, tapi tetap membangun keakraban personal.

 

5.Berpikiran Terbuka

Carilah mentor bisnis yang berpikiran terbuka terhadap berbagai pendekatan dan situasi bisnis zaman sekarang, terutama bila Anda memiliki bisnis yang unik. Mentor yang baik adalah orang yang senantiasa berorientasi untuk belajar, selalu ingin mengembangkan diri. Sehingga memberikan dampak positif terhadap kepribadian Anda, bukan hanya bisnis saja.