Cara Mendelegasikan Tugas ke Orang yang Tepat agar Pekerjaan Lebih Efisien

Diposting pada



https://drive.google.com/file/d/1cGnzdQAGF29yRvZj6zYnl9N2xzYG18iw/view?usp=sharing

Para pemimpin di perusahaan memang dituntut untuk memimpin timnya. Namun bukan berarti mereka harus mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Begitu juga dengan Anda yang memiliki tanggung jawab memimpin tim. Mendelegasikan pekerjaan akan membantu Anda belajar bagaimana cara melakukan manajemen perusahaan, khususnya dari segi manusianya.


 

Mengapa Harus Mendelegasikan Tugas?

Seiring dengan karir yang meningkat dan proyek yang semakin besar, kemungkinan besar Anda tidak akan mampu menangani segala tanggung jawab sendiri sekaligus menjaga standar yang tinggi. Mendelegasikan pekerjaan justru merupakan salah satu kunci penting dalam kesuksesan.

 

Lebih Fokus dengan Hal Lain

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh saat mendelesaikan suatu tugas atau pekerjaan kepada tim. Seberapa penting delegasi ini? Bisa dikatakan menolak untuk belajar mendelegasikan pekerjaannya justru bisa menjadi cara tercepat bagi seorang pemimpin perusahaan untuk mengalami kegagalan. Jadi, mendelegasikan tugas sangat membantu Anda untuk lebih fokus pada hal-hal lain yang lebih penting dalam pekerjaan Anda.

 

Delegasikan Tugas ke Orang yang Tepat

Memilih orang-orang terbaik dalam tim Anda merupakan kunci dari delegasi tugas yang efektif. Sebelumnya Anda sebagai pemimpin perlu mengenali kelebihan dan kekurangan para anggota tim Anda dan juga memberi panduan pada tim Anda. Untuk mendelegasikan suatu tugas kerja, ada baiknya Anda tidak langsung mendelegasikan pekerjaan yang sifatnya krusial atau sensitif ke orang yang masih relatif baru. Pilih orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat (ingat konsep the right man in the right place).

 

Tetap Berikan Pengawasan

Tim yang belum berpengalaman mungkin akan lebih membutuhkan pengawasan. Sesekali, lakukan evaluasi secara bertahap untuk memastikan bahwa setiap anggota tim berada pada jalur yang tepat. Selain itu, perhitungkan kesalahan yang mungkin akan muncul atau dilakukan secara tidak sengaja oleh tim Anda itu.

Yang tak kalah penting, jangan pernah mendelegasikan sesuatu yang Anda sendiri tidak mau mengerjakannya karena mendelegasikan pekerjaan tidak sama dengan melipahkan pekerjaan pada orang lain. Mendelegasikan pekerjaan adalah untuk meningkatkan kapasitas orang-orang yang melakukannya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar