Hal-hal Penting untuk Ditanyakan Sebelum Menentukan Segmentasi Pasar

Diposting pada

Sebelum Menentukan Segmentasi Pasar

 

Salah satu langkah untuk menjual produk yang tepat sasaran adalah dengan segmentasi pasar yang benar. Kenyataannya memang masing-masing produk tidak untuk setiap orang, namun perlu menentukan dan menargetkan orang-orang tertentu. Ini adalah proses mempelajari karakteristik masyarakat menjadi kelompok pembeli. Nah, kelompok pembeli yang berbeda ini membutuhkan produk atau strategi pemasaran yang berbeda pula.

Kunci untuk sukses di pasar, sebagaimana kita tahu sejak dulu, adalah menemukan faktor pembeda untuk memberikan keunggulan. Yang berbeda adalah bahwa saat ini media yang dipakai lebih beragam. Bisnis yang menargetkan ‘pasar khusus’ akan mempromosikan produk dan layanannya dengan cara yang berbeda dengan bisnis yang bertujuan untuk pelanggan ‘umum’. Ini terlihat dari bagaimana barang-barang mahal dijual kepada kalangan tertentu saja.

Mengenali Kebutuhan Calon Pelanggan

Peluang dalam pemasaran akan meningkat ketika kita sudah menemukan kelompok pelanggan yang tersegmentasi dengan beragam kebutuhannya. Penentuan segmentasi pasar bisa dilakukan menggunakan berbagai faktor, meliputi:

  •         Basis demografis (usia, keluarga, pekerjaan)
  •         Basis geografis (kota/desa, wilayah, negara)
  •         Basis perilaku (pengetahuan produk, sikap, tanggapan)
  •         Basis psikografis (gaya hidup, nilai-nilai, kepribadian)

Menganalisis Kebutuhan Sebelum Menentukan Ceruk Pasar

Bisnis apapun harus menganalisis kebutuhan dan keinginan segmen pasar yang berbeda sebelum menentukan ceruk pasar mereka sendiri. Perusahaan besar membagi pasar mereka dengan melakukan proyek riset pasar yang luas. Penelitian ini seringkali terlalu mahal untuk diinvestasikan oleh usaha kecil, tetapi ada cara alternatif bagi usaha kecil untuk mensegmentasi pasar mereka.

Sebuah usaha kecil dapat melakukan hal berikut untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang cara melakukan segmentasi pasar mereka.

  •         Gunakan sumber data sekunder dan penelitian kualitatif (untuk melihat tren).
  •         Melakukan analisis dengan mempelajari yang dilakukan para kompetitor.
  •         Berbicara dengan pelanggan tentang pengenalan produk baru
  •         Melakukan analisis kebutuhan individu dan kelompok.

Ada saatnya untuk membagi menjadi segmen yang lebih kecil untuk membuat pemasaran lebih mudah, menemukan ceruk pasar, dan menjadi lebih efisien dengan sumber daya pemasaran Anda.

Hal-hal Penting untuk Ditanyakan

Sampai di sini kita sudah punya gambaran tentang segmentasi pasar untuk usaha kecil. Khususnya yang melibatkan prospek atau calon pelanggan Anda. Tetapi dari mana seharusnya Anda memulai? Pertanyaan-pertanyaan berikut bisa ‘memandu’ Anda tentang bagaimana menjangkau mereka.

  •         Apa yang mereka minati?
  •         Seperti apa pola perilaku mereka?
  •       Apakah mereka membuat pilihan produk / layanan yang Anda tawarkan secara online atau secara langsung?
  •         Kesamaan apa yang Anda lihat pada konsumen yang Anda targetkan?
  •         Apakah mereka memerlukan konsultasi sebelum membeli?

Semakin Anda memahami pelanggan atau prospek yang Anda targetkan, semakin baik Anda melakukan segmentasi.

Ingin menentukan segmentasi pasar yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi marketing kami dari IbizCoach di nomor 0811-265-2244.



Download Aplikasi Bisnis Online Rezeki Apps untuk cari penghasilan tambahan lewat ponsel Android.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



download ebook