Hal-hal Kecil yang Menentukan Sukses Jangka Panjang

 


Seberapa pentingkah hal-hal kecil? Hal-hal sepele yang tidak diperhatikan itu justru berpengaruh besar. Contohnya di sebuah rumah besar, kita fokus memikirkan bahan atap, dinding, keramik, besi, dan material berat lainnya. Tetapi siapa yang memikirkan benda kecil seperti sekrup dan paku? Padahal di dalam arsitektur, sekrup dan paku sama pentingnya dengan pilar.

 

Hal-hal Besar Juga Terbentuk dari Hal-Hal Kecil

Gunung tertinggi adalah butiran debu yang ‘berkumpul’. Samudera Pasifik adalah kumpulan dari tetes-tetes air. Bilangan tahun adalah sekumpulan detik yang diulang 31.536.000 kali. Salju yang turun paling tebal, turun satu demi satu, serpihan demi serpihan.

Hal-hal besar bergantung pada yang kecil. Setiap hari kita mendapat sedikit ilmu dan pengetahuan baru. Satu pengetahuan dalam sehari. Tapi setelah sepuluh tahun berlalu? Tiga ribu enam ratus lima puluh ilmu pengetahuan baru, dan itu bukanlah hal yang kecil.

 

Hal Kecil dalam Kehidupan Manusia

Bagaimana manusia tumbuh? Dari segi fisik, pikiran, hati, dan karakter. Seperti tunas, bukankah sedikit demi sedikit ia tumbuh dari awal mula ditanam? Lihat bagaimana ia tumbuh dengan proses alami. Lalu tentang kehidupan kita dan hal-hal kecil yang berlangsung di dalamnya. Bagaimana kalau ternyata hidup terdiri dari hal-hal kecil yang diulang? Sebuah pengulangan yang konstan.

 

3 Sifat yang Dianggap Hal Kecil

Hal kecil dalam kehidupan kita yang menentukan kehidupan jangka panjang adalah seperti berikut ini. 3 sifat yang membawa kesuksesan jangka panjang ke dalam hidup seseorang: rasa hormat, kesetiaan, dan kejujuran.

 

1.Rasa Hormat

Rasa hormat ini berlaku dua arah. Anda dan orang lain selayaknya saling menghormati. Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

2.Loyalitas

Untuk menggambarkan loyalitas adalah dengan tidak menggigit tangan yang memberi Anda makan. Selalu berterima kasih atas hal-hal yang dilakukan orang untuk Anda.

3.Kejujuran  

Kalimat bijak ini mungkin sudah sejak lama kita tahu: jujur adalah mata uang yang berlaku di mana-mana. Kejujuran bisa jadi penentu untuk memberi kepercayaan pada orang. Kata-kata yang kita ucapkan harus memiliki nilai bagi orang untuk mendukung dua sifat pertama.

Menghargai hal-hal kecil juga merupakan bagian pembentuk karakter yang akan menentukan hal-hal besar. Hal kecil berlangsung setiap hari, sedang hal-hal besar tidak. Apa yang kita sebut sebagai ‘hal-hal kecil’ seringkali jauh lebih besar pengaruhnya daripada apa yang kita pandang besar. Karena itu, hal kecil memiliki konsekuensi yang jauh lebih besar. Bereskan hal-hal kecil yang ada di depan mata, dan kita tidak perlu cemas tentang hal-hal yang lebih besar.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar