Mengenal Gelombang Otak untuk Mempercepat Kesuksesan

Dalam perkembangan pengetahuan tentang pikiran dan otak, para ahli telah menemukan Electroencephalograph atau disingkat EEG. EEG adalah sebuah alat ukur untuk mengetahui berapa perubahan gelombang otak kita. Seperti halnya gelombang listrik memiliki alat ukur berupa osilator maka otak kita pun memiliki EEG.

Sementara itu, frekuensi gelombang otak dinyatakan dengan Hertz atau Hz. Yang pasti, gelombang otak kita berpengaruh pada langkah-langkah kita mencapai keberhasilan. Jika seseorang telah mengetahui cara kerja otaknya, maka ia dapat mencoba memprogram pikirannya untuk tujuan tertentu dalam hidupnya.

Pembagian Frekuensi Gelombang Otak Manusia

1.Gelombang Gamma (20 Hz ke atas). Gelombang gamma dihubungkan dengan emosi atau semangat yang tinggi. Kita memerlukan gelombang ini saat kita berdebat, saat dalam pertandingan, saat menghitung dan menganalisis, serta aktivitas yang memerlukan fokus tinggi. Kekuatan supranatural juga dihubungkan dengan gelombang gamma ini.

2.Gelombang Beta (14 Hz sampai 20 Hz). Kondisi ini biasanya berhubungan dengan kesadaran normal yang sangat terjaga. Gelombang ini biasanya datang ketika Anda dalam keadaan fokus. Gelombang beta disebut juga alam sadar (conscius mind) yaitu saat seseorang sedang dalam kondisi kesadaran penuh, yang melibatkan aktivitas berfikir logis, analitis dan rasional.

3.Gelombang Alpha (8 Hz sampai 13 Hz). Gelombang ini dikaitkan dengan proses meditasi atau pada saat bermimpi. Gelombang alpha bisa sangat dominan  ketika mata kita sedang tertutup, yaitu pada saat kita tenang, bermeditasi atau melamun. Pada saat ini, orang mudah menerima sugesti.

4.Gelombang Theta (4 Hz sampai 7 Hz). Gelombang theta terjadi pada saat kita sedang menggunakan kreativitas yang sangat tinggi. Khususnya ketika kita berada dalam keadaan meditasi yang lebih mendalam.

5.Gelombang Delta (3 Hz sampai 5 Hz). Gelombang delta terjadi pada saat kita berada dalam keadaan tidur nyenyak atau dalam tidak sadarkan diri. Kondisi ini juga dapat muncul selama proses meditasi yang mendalam dimana Anda tidak menyadari posisi Anda saat itu.

Alam Sadar dan Bawah Sadar

Jika gelombang beta disebut juga alam sadar (conscius mind), maka gelombang alfa dan teta disebut juga alam bawah sadar (subconscius mind) yaitu saat seseorang dalam kondisi rileks atau setengah sadar, yang melibatkan aktivitas berdoa, meditasi, relaksasi dan proses kreatif.

Sedangkan gelombang delta disebut juga alam tidak sadar (unconscius mind) yaitu saat seseorang kehilangan kesadarannya, yang melibatkan aktivitas seperti tertidur pulas. Gelombang otak ketika dimanfaatkan dengan benar dapat mempercepat kesuksesan Anda. Semakin Anda kenal cara kerja otak Anda, semakin mudah bagi Anda untuk memprediksikan masa depan Anda.

 

Anda seorang pebisnis yang ingin bisa melakukan penjualan lebih efektif dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar? Ikuti seminar Hypnoselling dari iBizCOACH Pada tanggal 13 September 2017 di Aston Hotel Solo. More info: 0811-265-2244.

Pencarian Terbaru: