Inilah Cara Bijak untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Bisnis dalam bidang apapun pasti memiliki kompetitor atau pesaing untuk memperebutkan pasar. Kalau Anda ingin memenangkan pasar, tentunya Anda harus memiliki keunggulan dibanding mereka. Ini penting agar lebih mudah menghadapi kompetitor tersebut. Pernahkah Anda berpikir mengapa semua orang berpikir tentang persaingan?

Sementara itu, selama ini kita sering mendapat saran-saran untuk menghadapi persaingan usaha. Kali ini kita akan mencoba cara lain untuk menghadapi persaingan usaha melalui sebuah cerita dan ilustrasi.

Cerita Tentang Memendekkan Garis Lurus

Seorang Guru mengawali pelajaran di kelasnya dengan membuat garis lurus sepanjang 10 cm di papan tulis. Guru tersebut kemudian meminta para murid di kelasnya untuk menemukan cara untuk memperpendek garis tersebut. Sesaat kemudian murid pertama ke depan kelas, lalu menghapus 2 cm garis tersebut, sehingga garis itu tinggal 8 cm. Murid-murid yang lain mengikuti cara tersebut, mengurangi sedikit demi sedikit panjang garis sehingga garis yang tersisa sangat pendek.

Sekilas memang perintah guru itu terlaksana dengan baik. Tapi, ternyata sang guru belum puas. “Apakah masih ada acara lain untuk memperpendek garis?” Guru tersebut bertanya.

Seorang Murid yang Bijak

Setelah sekian banyak murid berhasil memendekkan garis tapi ternyata bukan itu yang diinginkan guru, lalu apa yang terjadi? Seorang murid mencoba lagi dengan cara lain. Murid itu tidak menghapus garis yang ada, tapi ia membuat garis baru yang lebih panjang sejajar dengan garis pertama yang tinggal beberapa cm itu.

Pesannya adalah: untuk membuat garis itu menjadi pendek, sebenarnya tidak perlu menghapusnya, tapi cukup buatlah garis baru yang lebih panjang. Dengan cara itu, garis pertama akan ‘memendek’ dengan sendirinya.

Penerapan pada Dunia Usaha

Begitu juga di dalam dunia usaha yang tidak lepas dari persaingan, Anda membutuhkan pola berpikir baru untuk bisa memenangkan pasar. Cara untuk menjadi lebih unggul dibandingkan dengan orang lain, tidak harus dengan ‘mengecilkan’ orang lain, melainkan dengan ‘memperbesar’ diri kita, misalnya dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang bisa diberikan.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!