Mengubah Masalah menjadi Peluang

 

Seperti sebuah pepatah yang mengatakan bahwa di balik setiap masalah selalu ada peluang. Sebagai pengusaha, Anda tentu bisa menyikapi setiap masalah yang dating. Akan sangat menguntungkan jika Anda melihat masalah sebagai tantangan bahkan peluang.

 

Melihat Peluang Tersembunyi pada Setiap Masalah

Di dunia usaha yang dinamis dan semakin kompetitif sekarang ini, kita tentulah harus semakin jeli untuk melihat keadaan sekitar. Selalu ada peluang yang tersembunyi di dalam setiap masalah, meskipun itu kecil. Contoh saat terjadi kemacetan terdapat kesempatan untuk menjual makanan atau minuman.  Agar bisa mengambil peluang di dalam kesempitan masalah maka perlu membuat keputusan. Keputusan itu pun dilakukan dengan cepat. Setiap hari kita menghadapi keputusan-keputusan. Kita tahu bahwa tujuan keputusan adalah untuk memilih yang terbaik, menyelesaikan setiap permasalahan. Ketika keputusan ini dibuat dalam urusan perusahaan, hasilnya dapat meningkatkan pencapain bisnis.

 

Belajar Mengelola Risiko Keberhasilan yang Tertunda

Setiap keputusan yang dibuat pastilah memiliki berbagai konsekuensi. Risiko memang tidak bisa dihilangkan atau dihindari, tapi bisa dikelola. Fokusnya adalah fokus kepada aktivitas yang mendatangkan peluang dan bekerjalah lebih giat untuk memberi nilai lebih. Selain itu, beranilah untuk menghadapi kerugian. Sebagaimana tidak semua usaha memberikan hasil yang sesuai ekspektasi, begitu juga transaksi bisnis tidak selalu memberikan keuntungan yang signifikan. Ada saatnya harus berani menanggung kerugian untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang. Apabila hari ini mengalami kerugian tidak perlu lekas berkecil hati di. Coba lakukan evaluasi dengan jeli agar langkah Anda lebih tertata dan menghasilkan keuntungan.

 

Fokus pada Inovasi yang Berkelanjutan

Inovasi pada aspek pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Inovasi memberikan nilai tambah yang membedakan dengan kompetitor. Lakukan inovasi secara berkelanjutan. Setiap usaha selalu memiliki masalah di setiap tingkatannya. Semakin berkembang sebuah usaha maka berbeda tantangannya seperti pada saat baru merintis. Suatu produk atau jasa yang semakin inovatif maka ia semakin dibutuhkan oleh banyak orang dalam jangka panjang.