Pentingnya Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi dalam Aktivitas Produktif

Begitu banyak aspek kehidupan yang mengandalkan kreativitas. Tidak hanya dibutuhkan untuk menjadi seniman atau menjalankan industri kreatif, ternyata kreativitas dianggap penting untuk berbagai bidang, mulai dari bidang teknologi, pendidikan, ekonomi, bisnis, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, pelayanan masyarakat dan pemerintahan juga perlu sikap kreatif. Bicara tentang kreativitas, banyak pakar yang mendefinisikan menurut versi masing-masing. Kenyataannya, Anda tidak bisa mengandalkan suatu keadaan seperti apa adanya. Ada saatnya mengubahnya menjadi apa yang Anda inginkan. Di sinilah pentingnya kreativitas.

Agar Anda Lebih Berkembang

Pada dasarnya setiap orang yang melihat sesuatu akan memberikan kesan yang berbeda-beda. Disadari atau tidak, bahwa kebanyakan orang cenderung melakukan sesuatu sesuai dengan kebiasaan yang terbentuk di lingkungannya. Terlebih ketika pola-pola perilaku dan kebiasaan itu telah terbentuk sejak kecil. tapi bagaimana dengan waktu yang terus bergerak membawa perubahan-perubahan?

Apakah yang dilakukan masih sama seperti biasanya dan dengan cara yang sama pula? Padahal ketika seseorang terbiasa melakukan sebagaimana yang umum berlaku, maka yang ia hasilkan adalah tidak jauh beda yang terjadi secara umum. Lalu kapan terjadi perkembangan dan kemajuan-kemajuan?

Situasi di Sekitar Kita Cepat Berubah

Bayangkan saja situasi di sekitar yang senantiasa berubah. Produk elektronik terus diperbarui, gaya hidup anak muda berubah, model bisnis semakin banyak berkembang, cara orang menjual barang pun semakin kreatif. Kreativitas bahkan lebih berharga daripada mesin-mesin Ketika seseorang memiliki ide cemerlang, maka ia akan lebih mahal. Orang-orang tertentu kemudian begitu antusias, memandang dunia sebagai medan yang penuh persaingan.

Orang yang berorientasi pada persaingan dalam bidang apapun sebenarnya tidak terlepas dari upaya membuat solust, memberi manfaat, dan memberikan nilai tambah dalam hal yang ditekuninya dibanding orang lain di bidang sejenis. Tidak hanya bersaing dalam hal materil, tapi juga dalam memberi nilai (value) pada sesuatu.

Kreativitas Menjadi Kunci Inovasi

Bentuk kerja baru semakin mengandalkan pengetahuan spesialis tingkat tinggi, dan pada kreativitas dan inovasi. Begitu juga banyak bentuk kerja baru yang bergantung pada tingkat keterampilan yang tinggi dalam teknologi desain dan informasi.

Tidak peduli di mana Anda berada atau apa yang Anda lakukan, jika Anda masih hidup dan di bumi Anda terkena efek sebuah revolusi global.