Ingin Menjadi Anak Muda Berdaya Saing

 

Saat masih muda, tentu banyak hal yang bisa dipelajari ketika merintis karier. Tapi karena belum matangnya pengalaman, masih sering terjadi kesalahan-kesalahan di awal karier. Padahal yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan zaman saat ini adalah anak muda yang berdaya saing. Nah, untuk menjadi anak muda berdaya saing, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini. Apa saja kesalahan itu?

 

1.Kurang Fleksibel atau Terlalu Idealis

Standar kenyamanan bagi setiap orang tentu saja akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Orang muda biasanya masih sangat idealis seperti bagaimana mereka di sekolah. Tapi ternyata pada praktiknya berbeda. Minimnya pengalaman dan kesempatan kerja membuat orang yang masih muda menerima tawaran dengan gaji kecil. Kerjalah dengan baik sambil cari peluang pekerjaan dan gaji yang lebih baik di tempat lain. Namun, sikap kaku bisa mempersulit jenjang karier. Anda juga perlu kompromi dan fleksibilitas saat menghadapi gagasan lain yang berbeda.

 

2.Memilih Pekerjaan Tidak Sesuai Kemampuan

Setiap orang mempunyai kompetensi masing-masing di bidangnya, tapi masih banyak orang yang belum mengenali diri sendiri. Ini adalah saran yang cukup mainstream, tapi memang begitulah seharusnya. Mereka tidak paham pekerjaan apa yang sebenarnya mereka inginkan dan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

 

3.Gampang Ikut-ikutan Orang

Setiap orang memiliki ketertarikan tehradap sesuatu. Bekerja sesuai dengan passion merupakan hal yang diimpikan oleh banyak orang. Mungkin Anda tertarik mengenai teknologi, atau hal-hal lain yang merupakan ketertarikan diri Anda sendiri. Buatlah daftar hal yang menarik bagi Anda. Banyak orang yang kadang bingung antara memilih karier atau passion. Tidak semua orang yang bekerja, tetapi sesuai passion. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak ikut-ikutan orang lain.

 

4.Mudah Puas dan Enggan Belajar Hal Baru

Sesekali kita boleh saja mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jika ternyata anda memilih untuk bekerja di luar keahlian atau alih profesi dengan alasan tertentu, maka akan sangat penting untuk memiliki tekad dan kemauan yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru yang sesuai dengan profesi yang Anda pilih.

Tak ada salahnya alih profesi, selama hal tersebut diimbangi dengan kesiapan diri Anda dalam menghadapi tantangan pekerjaan baru di luar keahlian Anda. Untuk menjadi anak muda yang berdaya saing, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan di atas.