Mungkinkah Seorang Introvert Bisa Maksimal dalam Membangun Relasi?

Diposting pada

Seorang Introvert Bisa Maksimal dalam Membangun Relasi

 

Kecenderungan dengan pribadi introvert adalah ‘memulihkan’ kekuatan batinnya dengan cara menyendiri. Meskipun itu sering membuat orang khawatir. Pada titik tertentu, introvert dianggap pemalu, pendiam, tertutup, atau bahkan anti sosial. Benarkah? Ternyata tidak selalu.

Apalagi di dunia profesional. Bisakah mereka membangun relasi? Bisakah mereka berperan dalam menjadi negosiator yang baik? Sebut saja misalnya negosiasi bisnis di mana mereka harus berinteraksi dengan banyak orang dalam situasi yang tidak terprediksi.

Setujukah Anda bahwa di dunia yang dipenuhi orang-orang ramai, ekspresif, dan cenderung ‘berisik’ dalam lingkaran sosialnya, pribadi introvert bisa terkesan seperti sebuah kelemahan? Mereka hanya mempunyai caranya sendiri untuk berteman, dan juga membangun relasi yang luas.

Dengan dukungan teknologi digital yang berkembang pesat seperti saat ini, orang yang (merasa) kurang mahir bersosialisasi pun bisa dengan mudah membangun pertemanan, menyambung relasi, juga bekerjasama secara profesional. Proses itu bisa berlangsung secara optimal kalau sudah menemukan kuncinya. Tapi ini bukan lagi tentang teori-teori umum, melainkan faktor individunya yang perlu mengenali betul seperti apa dirinya.

 

Poin Plus untuk Kecenderungan Mereka

Tanpa bermaksud gegabah dalam menilai orang, intinya mereka hanya butuh ‘persiapan’ dulu dengan pikiran dalam dirinya sebelum ‘beraksi’ ke luar diri. Poin plusnya adalah bahwa kecenderungan itu membuat mereka lebih teliti dalam menyerap informasi yang dilihat dan didengarnya.

Selain suka memperhatikan, introvert adalah pendengar yang baik. Dengan pembawaan diri yang tepat, sifat bawaan pribadinya yang hemat bicara itu juga bisa menjadi negosiator yang cakap. Semakin banyak informasi yang didapatkan dari pihak yang bernegosiasi, semakin banyak keuntungan yang bisa dihasilkan.

Sama seperti keterampilan berbicara di depan umum (public speaking skill), baik ekstrovert maupun introvert dapat mencapai hasil optimal dalam negosiasi, tanpa perlu mempertanyakan kepribadian alaminya. Meskipun tidak dipungkiri, beberapa tipe orang bisa lebih efektif dalam situasi tertentu.

 

Tidak Perlu Mengubah Diri menjadi Orang Lain

Akan lebih bijak kalau orang dengan kepribadian introvert tidak perlu mengubah sikap layaknya seperti orang yang berkepribadian ekstrovert. Itu hanya akan membuat dirinya semakin merasa asing. Untuk membangun relasi dengan orang baru, menjadi diri sendiri adalah pilihan terbaik.

Meskipun cenderung kurang ekspresif, tetapi ketulusan dan kerendahan hati dalam membangun relasi dengan orang baru itulah yang lebih penting. Satu lagi, seperti prinsip yang berlaku di manapun, semua butuh belajar dan berlatih dengan konsisten.



Download Aplikasi Bisnis Online Rezeki Apps untuk cari penghasilan tambahan lewat ponsel Android.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



download ebook