Pahami Langkah Ini Supaya Anda Lebih Bisa Memahami Diri Sendiri sebelum Orang Lain

Urusan memahami diri sendiri ternyata menjadi hal yang masih disepelekan, padahal sebelm memahami orang lain, kita perlu memahami diri sendiri terlebih dahulu. Selama ini mungkin kita sibuk memperhatikan orang lain atau bahkan berharap supaya orang lain memperhatikan. Tapi yang terjadi adalah kita lupa untuk mencoba mengenali diri sendiri. Memahami diri sendiri sangat penting untuk bisa menempatkan diri di hadapan orang lain.

Salah satu cara untuk memahami diri sendiri adalah dengan analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat). Strength berarti kekuatan atau kelebihan, Weakness berarti kelemahan atau kekurangan, Opportunity berarti kesempatan, dan Threat berarti hambatan. Analisis SWOT ini biasa diterapkan pada sebuah organisasi atau perusahaan agar produk atau layanan mereka bisa diterima oleh konsumennya. Analisis SWOT juga bisa diterapkan pada diri kita untuk lebih memahami diri sendiri dan orang lain.   

Strength (Kekuatan)

Strength adalah tentang situasi dan kondisi yang merupakan kekuatan dari diri kita. Yang dilakukan adalah menganalisis kekuatan diri. Temukan hal-hal positif dalam diri Anda yang sekiranya memberi nilai plus dibandingkan dengan orang lain.

Weaknesses (Kelemahan)

Memang benar bahwa kita harus fokus dengan kekuatan yang kita miliki, tapi kita juga perlu menganalisis kelemahan diri. Seringkali, kelemahan itu menjadi tidak berarti ketika kita fokus untuk mengembangkan kelebihan diri. Yang terpenting adalah bagaimana mengatasi keadaan itu.

Opportunity (Peluang)

Opportunity adalah situasi yang merupakan peluang dari luar diri kita dan memberikan peluang untuk mengembangkan diri. Ini terkait peluang yang bisa diambil di masa depan. Peluang yang datang bisa berasal dari luar diri entah itu keluarga, pekerjaan, teman, dan lain-lain.

Threats (Ancaman)

Threats ini berarti ancaman dari luar. Kadang ada lingkungan yang tidak menguntungkan yang mau tidak mau harus dihadapi. Threat bisa berasal dari berbagai macam faktor. Jika tidak segera diatasi, ancaman tersebut bisa menjadi penghalang bagi diri sendiri. Itulah analisis SWOT yang bisa membuat Anda memahami diri sendiri, sebelum memahami orang lain.  

Pencarian Terbaru: