Pola Tidur Anda Tidak Teratur

Apakah waktu tidur Anda setiap hari sudah tidak ada masalah? Atau barangkali Anda tetap terbangun di tengah malam tanpa tahu alasannya? Padahal, efek samping dari jam tidur malam yang buruk bisa terbawa ke dalam aktivitas sepanjang hari. Ini juga membuat otak kehabisan energi, merasa lelah, tidak fokus, dan kurang produktif.


 

Bagaimana Hormon Berpengaruh pada Jam Tidur?

Hormon penting dalam mengatur tidur yang mungkin Anda kenal adalah hormon yang disebut melatonin. Kadar melatonin meningkat di tubuh Anda kira-kira 2 jam sebelum tidur, memicu rasa lelah dan kantuk, kemudian turun sepanjang malam sampai Anda bangun.

Penting untuk diketahui bahwa melatonin berhubungan dengan kortisol, hormon stres tubuh Anda. Jadi saat melatonin naik, kortisol turun dan kita tidur. Ketika melatonin turun dan kortisol naik, kita bangun. Memiliki terlalu banyak kortisol dalam tubuh kita, terutama saat kita menjelang akhir hari, dapat berdampak negatif pada tidur kita dan dapat membuat kita terbangun di tengah malam ketika kita benar-benar harus tidur.

 

Mengapa Tidur yang Berkualitas Tidak Mudah Dicapai?

Sejak kecil kita terbiasa dikenalkan tentang jam tidur normal delapan jam sehari. Tapi apakah itu selalu berjalan sedemikian adanya? Jika Anda adalah seseorang yang sering terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur lagi, maka bacalah tulisan yang disadur dari lifehack.org ini sampai selesai. Kita akan menyelami bersama, beberapa alasan umum mengapa Anda tidak dapat tidur nyenyak dan apa yang sebaiknya Anda lakukan.

 

Apakah Bangun di Tengah Malam Itu Normal?

Sebenarnya tidak jarang seseorang bangun di tengah malam, mengingat ‘siklus tidur’ manusia normal adalah kira-kira setiap 90-120 menit akan terbangun. Tapi kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa kita bangun lalu tertidur kembali. Beberapa orang mengaku sulit tidur lagi. Ini mungkin menjadi alasan utama mengapa banyak orang jarang tidur delapan jam tanpa gangguan.

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa Anda bangun di tengah malam. Ketika pola tidur Anda tidak teratur, ini bisa menjadi sinyal peringatan bahwa Anda mungkin perlu mengubah kebiasaan tidur Anda. Mudah-mudahan beberapa strategi di artikel berikutnya ini bisa membantu.

[Bersambung]



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar