Inilah 4 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Brand Legendaris Ini

Setiap brand legendaris pasti memiliki nilai-nilai tertentu yang diakui dan diterapkan secara turun temurun di lingkup perusahaannya. Selain penting untuk pihak peerusahaan secara internal, nilai-nilai itu juga bisa dipelajari oleh pihak luar yang masih mencari model bisnis yang efektif. Kali ini kita akan mengenal hal yang bisa dipelajari dari brand biscuit Khong Ghuan yang legendaris.

 

1. Memiliki Tampilan Packaging yang Konsisten

Khong Guan dengan kemasannya yang sebenarnya sederhana menjadi produk yang selalu diingat publik dengan kaleng merah dan bergambar seorang ibu dan dua anaknya yang sedang duduk di meja makan. Apakah Anda sering melihat adanya meme bertebaran di dunia maya yang isinya adalah mempertanyakan ‘di mana ayah mereka?’ Tapi bukan itu yang menjadi penting karena yang penting adalah cara mereka membangun brand image yang konsisten dari tahun ke tahun. Kemasannya tidak berubah, sehingga masyarakat tetap mengingatnya.

 

2. Strategi Pemasaran yang Unik

Apakah pada hari raya Anda pernah menemukan kaleng biscuit Khong Guan yang berisi kerupuk atau rengginang? Atau di warung-warung juga mudah dijumpai kaleng Khong Guang yang isinya bukan biscuit. Ternyata itu adalah salah satu stratregi marketing. Ya, strategi pemasaran unik ini bisa terbukti sukses.

Selain promosi di televisi, Khong Guan memang memiliki strategi pemasaran yang unik dan menarik yaitu dengan memberikan kaleng Khong Guan ke pedangang kecil seperti tukang dagang bubur, ketoprak, nasi goreng, dan lain-lain. Kaleng Khong Guan memang banyak diminati oleh para pedagang karena ia memiliki ruang yang baik untuk menyimpan kerupuk.

 

3. Produk yang Menyentuh Semua Kalangan

Dilihat dari perbandingan harganya disbanding produk biskuit lainnya, maka produk Khong Guan lah yang telah sukses menyentuh semua kalangan. Menurut pimpinan perusahaannya, inovasi dan pengembangan  produk ini memang sengaja dilakukan untuk bisa meraih simpati seluruh lapisan masyarakat.

 

4. Selalu Memperhatikan Kualitas Produknya

Terlepas dari kreativitas pemasaran, ternyata sebelum itu tetaplah harus fokus membangun kualitas produknya itu sendiri. Kualitas adalah hal yang paling utama untuk bisa mendapatakan kepercayaan pelanggan. Karena kualitas dan didukung pemasaran yang efektif, maka biskuit Khong Guan menjadi produk yang banyak dipilih oleh konsumen. Itulah 4 hal yang bisa dipelajari dari brand legendaris Khong Guan.