5 Cara untuk Memberikan Pelayanan Prima kepada Pelanggan Anda

Suatu bisnis yang dijalankan mungkin bisa berkembang dan dipercaya pelanggan, tapi mungkin juga malah ditinggalkan. Mengapa bisa demikian? Pelanggan yang puas dengan pelayanan, biasanya mereka akan turut serta mempromosikan. Begitu juga dengan bisnis Anda. Itulah yang membuat bisnis Anda berkembang. Bagi Anda yang menjalankan bisnis di bidang apapun, maka bukankah Anda juga menginginkan hal yang sama?

Tahukah Anda yang akan membuat pelanggan bertahan dan tidak kabur ke pesaing produk sejenis adalah pelayanan yang memuaskan atau yang bisa disebut dengan pelayanan prima. Bagaimana cara memberikan pelayanan prima ke pelanggan Anda?

1.  Komunikasi Handal dari Customer Service

Customer service perlu memiliki product knowledge, harga, hingga aspek teknis dari produk sehingga mampu memberikan pelayanan prima. Kemampuan komunikasi handal juga krusial dalam memahami apa yang pelanggan inginkan dan dalam berbicara dengan customer. Buat pelatihan customer service supaya dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan efisien.

2. Pusatkan Perhatian ke Pelanggan

Perhatikan nada bicara, jadilah percaya diri tapi tidak dengan emosi jika pelanggan datang membawa komplain. Dengarkan keinginan pelanggan dengan seksama dan catat segala kebutuhan dengan kemampuan komunikasi yang prima. Dalam melayani, tempatkan pelanggan di urutan pertama layaknya orang terdekat, seperti rekan sekerja atau pimpinan di perusahaan Anda

3. Memberikan Pelayanan yang Efisien

Lakukan pada saat itu juga, jangan biarkan pelanggan menunggu karena mereka ingin permasalahannya segera diselesaikan. Pelanggan akan puas dan percaya bahwa perusahaan Anda kredibel dan bertanggung jawab tekait keluh kesah,saran, kritik mereka.

Siagakan supervisor untuk membantu costumer service jika mengalami kesulitan dalam pertanyaan sulit dan teknis dari pelanggan

4. Pendekatan Personal

Ingatlah nama setiap pelanggan meski jumlahnya banyak karena cara pendekatan personal seperti ini ampuh menjaring pelanggan loyal. Selain itu, berikan ucapan selamat di momen tertentu sebagai bentuk pelayanan prima dari Anda sehingga semakin setia terhadap perusahaan.

5. Membina Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tunjukkan simpati, berbicara dengan penuh perasaan, dan berikan solusi untuk menunjukkan bahwa Anda paham keinginan pelanggan. Mintalah feedback dari pelanggan dalam bentuk survei kepuasan layanan agar bisa berbenah jika terdapat kekurangan dalam layanan.

 

Anda ingin mendapatkan rahasia memberi layanan prima untuk konsumen agar mereka puas? Ikuti seminar Hypnoselling dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017 di Hotel Aston Solo. Info lebih lanjut: 0811-265-2244.