Ingin Melakukan Pembagian Waktu Kerja Produktif? Gunakan Teknik Pomodoro

 

Kadang merasa kalau waktu kerja kita sebetulnya banyak, tapi belum ada satu pun tugas yang betul-betul beres, berarti sebenarnya ada gangguan di sekitar kita. Seringkali gangguan itu tidak kita sadari, sampai-sampai waktu bekerja hampir habis. Padahal jadwal kerja sudah tersusun rapi. Itu tandanya Anda butuh teknik mengatur waktu yang sekaligus membuat lebih fokus bernama teknik Pomodoro.

Apakah Anda sudah mengenal teknik Pomodoro sebelumnya? Pomodoro adalah sebuah teknik bekerja berdasarkan time management yang diciptakan oleh Francesco Cirillo dari Italia. Ketika Francesco masih awal-awal kuliah pada akhir tahun 1980, ia susah fokus belajar, sampai akhirnya dia menyadari bahwa dia harus belajar dengan interval waktu tertentu dan diselingi oleh waktu istirahat agar kondisi fisik maupun psikisnya bisa di-refresh.

Pomodoro sendiri dalam bahasa Italia artinya adalah tomat. Nama itu dipilih karena pada waktu mengembangkan teknik tersebut, Francesco menggunakan timer dapurnya, dan timer itu kebetulan berbentuk tomat merah.

 

Pembagian Waktu Kerja Produktif Menurut Teknik Pomodoro

 

1.Worktime

Worktime adalah waktu saat Anda harus fokus menyelesaikan pekerjaan Anda, tanpa menerima adanya gangguan dari luar sedikitpun. Maksimal dari worktime sendiri adalah 25 menit. Tidak boleh lebih, karena jika lebih dari itu seperti yang dilakukan Francesco, maka pikiran justru mulai melantur dan tidak fokus lagi.

 

2.Breaktime

Breaktime adalah waktu istirahat sebentar di antara worktime. Lamanya breaktime adalah 5-10 menit. Anda dapat memakainya buat istirahat dan ‘melupakan’ sejenak pekerjaan Anda.

 

3.Long Breaktime

Long Breaktime adalah jeda panjang setelah satu sesi selesai. Satu sesi di sini bisa berisi 3-4 kali worktime. Dalam long breaktime, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Untuk lamanya waktu long breaktime adalah sekitar 30 menit.

Mengapa setiap 25 menit kita harus istirahat? Jawabannya jelas, biar tidak bosan. Lalu, mengapa break-nya sangat singkat? Supaya kita tidak kebablasan melakukan hal-hal lain yang menyita waktu. Untuk memulai kerja efektif dengan teknik Pomodoro, yang dibutuhkan hanyalah sebuah timer, bisa pakai stopwatch di HP.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!