Pengaruh Kebiasaan Habit

 

Seberapa pengaruh kebiasaan yang kita lakukan? Semua orang ternyata adalah produk dari kebiasaan (habit) yang dilakukannya secara berulang. Kebiasaan, bagi Anda mungkin bisa menjadi teman, menjadi penolong terbesar atau justru beban berat, mendorong Anda maju atau justru menyeret Anda ke kegagalan, dan kebiasaan adalah sepenuhnya atas perintah Anda.

 

Bagaimana Mengelola Habit?

Agar mudah mengelola habit, Anda harus tegas dengannya. Tunjukkan dengan tepat bagaimana Anda ingin sesuatu dilakukan. Setelah beberapa kali melakukannya, habit Anda akan melakukannya secara otomatis. Perlu kita pahami, habit adalah ‘hamba’ dari semua orang besar dan, sayangnya, dari semua kegagalan, juga. Mereka yang hebat, adalah mereka yang memiliki kebiasaan yang hebat pula.

Habit itu bukan mesin, meskipun ia ‘bekerja’ dengan ketepatan seperti mesin ditambah kecerdasan manusia. Anda dapat menjalankan kebiasaan untuk memperoleh keuntungan atau sebaliknya, tidak ada bedanya. Semua kebiasaan akan membentuk perilaku dan karakter, sesuai dengan hal yang diulang-ulang tersebut.

 

Ini Adalah Hari yang Baik untuk Memulai

Anda mungkin memiliki beberapa kebiasaan baik, misalnya bangun pagi, membaca buku, fokus pada prioritas nomor satu di pagi hari. Tetapi bagaimana jika Anda juga memiliki kebiasaan buruk, seperti menggigit kuku, terlalu banyak bergosip, atau kebiasaan buruk lain yang mengubah Anda dari versi diri terbaik Anda.

Jika Anda ingin memperbaiki kebiasaan buruk Anda atau menambah kebiasaan baik yang baru, hari ini adalah hari yang baik untuk memulai. Setiap hari Senin, dan setiap hari pertama setiap bulan, memberi Anda momentum dan motivasi yang perlu Anda ubah.

 

Tapi Jangan Buat Diri Anda Kewalahan

Ada begitu banyak kebiasaan kecil yang bisa Anda ubah yang akan memberikan dampak besar pada hidup Anda. Tapi pilih beberapa hal saja. Misalnya; tidak membuka social media kecuali ada hal penting, mengurangi menonton TV, tidak merokok lagi, mencatat keuangan, mengkonsumsi makanan sehat, membiasakan diri menuliskan rencana di pagi hari, dan hal positif lain yang memang jadi kebutuhan Anda. Tapi ingat: Jangan membuat diri Anda kewalahan. Tetaplah fokus.