Seperti Apa Pengaruh Psikologi Warna dalam Marketing dan Branding

 

Strategi persuasi konsumen dengan pendekatan psikologi warna adalah salah satu yang paling menarik dalam hal marketing. Sebuah iklan atau campaign yang menyampaikan pesan menarik tidak akan berdampak maksimal jika tidak memiliki unsur psikologi warna di dalamnya. Ini juga akan sangat menguntungkan untuk orang-orang visual.

Bahkan 90% orang akan mengambil keputusan secara cepat untuk mengambil sebuah produk atau tidak, berdasarkan warna, dan ini tergantung dari produknya. Ini bukan sekadar opini melainkan sudah dilakukan riset.

Hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara merk dan warna. Untuk merk tertentu akan lebih menarik minat konsumen bergantung pada kesesuaian yang dirasakan dari warna yang dipakai. Jadi, untuk membuat produk terjual ada warna tertentu yang dirasa cocok. Inilah pengaruh psikologi warna dalam marketing dan branding seperti disadur dari digitalmarketer.id.

 

Warnah Merah

Merah benar-benar dapat menaikkan denyut nadi orang ketika mereka melihat warna merah. Merah termasuk warna yang kuat, yang menarik, eye catching, dan memunculkan efek darurat/urgensi. Merah yang juga warna bunga mawar, warna darah, dan simbol stop juga sering diidentikkan dengan warna romantis

 

Warna Biru

Biru merupakan warna yang menenangkan. Warna biru mengandung pesan damai, perasaan kekuatan, dan ketenangan. Coba di pagi hari Anda duduk di tepi lautan, menatap ke langit cerah tanpa mendung.

 

Warna Kuning

Kuning adalah warna dari matahari. Kuning juga merupakan warna yang diasosiasikan dengan sifat kaya, seperti warna yang ada pada emas dan harta karun. Mudah untuk dipahami mengapa kuning membangkitkan perasaan optimisme, kejelasan, dan kehangatan. Warna terang seperti kuning data menonjol bahkan ketika ia digunakan di lingkungan yang ramai.

 

Warna Hijau

Warna hijau terlihat segar dan mengandung optimisme. Hijau tenang dan damai, dan menyampaikan gagasan pertumbuhan. Bumi mungkin planet biru, tapi ada banyak warna hijau juga di dalamnya.

Umumnya tidak ada pedoman yang mutlak untuk memilih warna merk Anda. Semua tergantung kebutuhan, selera dan kreativitas pemiliknya. Yang terpenting dalam menciptakan merk atau produk adalah menyampaikan perasaan, mood, dan image.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.