benarkah

Banyak pengusaha yang tidak mengenyam pendidikan tinggi namun berhasil meraih kesuksesan. Bahkan kesuksesan mereka bisa melebihi orang-orang yang berpendidikan tinggi. Realita itu memunculkan anggapan bahwa pengusaha tidak perlu berpendidikan tinggi.

Benarkah demikian? Ya memang benar bahwa untuk memulai bisnis tidaklah harus lulus dari MBA. Bahkan banyak lulusan SMP yang bisa berhasil membangun usaha yang besar. Tapi benarkah pengusaha tidak perlu berpendidikan tinggi? Yang terpenting pengusaha punya kemampuan-kemampuan seperti ini;

 

Memiliki Kemampuan Multitasking

Dunia usaha terus bergerak dan berkembang sesuai dengan kebutuhan jamannya. Maka penting sekali bagi Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan, khususnya untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Salah satu kemampuan penting itu adalah multitasking. Perlu diingat bahwa multitasking ini bukan berarti tidak fokus, melainkan kemampuan menyelesaikan beberapa hal dalam waktu bersamaan. Hal ini tidak harus dilakukan sendiri, melainkan dengan seluruh tim.

 

Kemampuan Leadership

Selain bicara soal komunikasi efektif, sebenarnya hal penting untuk dimiliki adalah kemampuan dalam hal kepemimpinan. Seorang pemimpin bukan hanya memiliki tanggungjawab atas tim dan pekerjaannya, tapi juga harus bisa menginspirasi orang melalui pesan positif disampaikan setiap harinya. Pemimpin harus bisa menanamkan keyakinan dan kepercayaan serta semangat di dalam tim.

 

Kemampuan Menulis

Mengapa menulis itu penting untuk Anda yang menjalankan bisnis? Ini ada hubungannya dengan iklan yang Anda buat. Semua produk atau jasa yang dijual tentunya butuh iklan. Nah, pada iklan itu terdapat script yang ketika dibaca bisa menimbulkan penasaran para calon pembeli. Ada baiknya Anda menguasai keterampilan menulis banyak konten marketing, mulai dari email pemasaran, landing page, juga website. Kemampuan ini juga penting untuk bisa berbagi inspirasi kepada orang lainh.

 

Menyusun Prioritas

Kemampuan menyusun prioritas begitu penting agar semua urusan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Selain urusan bisnis lancar, tentunya Anda tidak sampai mengabaikan urusan di luar pekerjaan. Ketika menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya Anda siap dengan banyak pekerjaan yang untuk bisa diselesaikan dengan segera. Meskipun cukup berat, namun tugas-tugas tersebut harus segera diselesaikan demi kebaikan bersama. Itulah mengapa kemampuan menyusun prioritas mnenjadi keahlian yang penting selain ilmu pengetahuan.

Sebenarnya ada banyak kemampuan praktis yang lebih dibutuhkan untuk berbisnis. Bukan berarti pendidikan tinggi tidak penting saat ingin menjadi pengusaha. Karena pada dasarnya pendidikan itu adalah tentang membangun pola berpikir.

 

Anda ingin menjalankan bisnis yang sukses dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar? Nantikan seminar Hypnoselling dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017 di Aston Solo Hotel. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: