Seorang Penjual yang Memiliki Jam Terbang Tinggi Akan Memiliki Naluri Seperti Ini

 

Salah satu divisi di perusahaan yang mempunyai peran penting adalah sales atau bagian penjualan. Semakin efektif seorang sales menuntaskan targetnya, itu tergantung dari seberapa tinggi jam terbangnya. Jam terbang itu, secara realistis bisa diukur dari intensitas kerjanya.

Kadang ditemukan kejadian di mana seorang sales yang sudah mencapai target yang ditentukan, maka ia akan menurunkan intensitas kerjanya.

Sebagian terlena, di saat sebagian lainnya keluar dari comfort zone. Aktivitas penjualan yang dilakukan bukanlah hanya menggugurkan kewajiban, tapi menantang diri dan melampaui hambatan-hambatan yang mungkin muncul pada dirinya. Naluri sales yang memiliki jam terbang tinggi akan berinisiatif untuk menambah customer baru.  

Setidaknya mereka selalu kreatif menemukan cara-cara baru. Apa saja ciri-ciri seorang sales dengan jam terbang tinggi?

 

Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Kita mulai dengan efektivitas menggunakan waktu. Tidak jarang seorang sales terjebak di antara tugas-tugas di luar jadwal. Tantangan terbesar dalam manajemen waktu adalah menghadapi situasi di luar rencana. Bicara tentang manajemen waktu memang terdengar mudah, tapi cukup menantang pada pelaksanaannya. Manajemen waktu bukan hanya tentang membuat rencana penjualan atau menjadwalkan meeting dengan klien.

 

Menggunakan Kesempatan saat Bertemu Orang Baru

Naluri sales yang sudah terasah akan menggunakan kesempatan bertemu orang pertama kali untuk menyampaikan ide-ide dan inovasi baru. Bukan soal cepat berhasil atau tidak, mereka sangat menikmati profesinya.  Tentu ada pendekatan-pendekatan yang elegan dan berkelas ketika berniat membuat orang tertarik. Makin tinggi jam terbang, makin pahamlah ia akan hal ini.

 

Tidak Menyerah Setelah Menangani Penolakan

Penolakan adalah hal yang tidak dapat dihindari, namun tetaplah terbuka pada berbagai kemungkinan. Saat menawarkan sesuatu untuk dijual, tentunya ada kemungkinan untuk diterima atau ditolak. Tentunya seorang sales dengan jam terbang tinggi akan paham akan ada banyak penolakan saat berusaha menjual. Kemampuan dalam menangani penolakan calon pelanggan adalah pembeda berpengalaman dengan yang pemula.

 

Berusaha Membangun Hubungan Baik dengan Customer

Customer juga manusia yang ingin dimengerti. Hubungan baik dengan mereka bukan sekadar basa-basi yang banyak dilakukan sales yang terkesan tidak tulus. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli pada permasalahan mereka, dan Anda ingin membantu mereka memecahkan masalah dengan menawarkan solusi.