Salah satu tantangan terbesar seorang sales person adalah masalah state management, yaitu bagaimana dirinya selalu bisa mengelola kondisi pikiran dan mentalnya agar siap untuk menghadapi penolakan dan beberapa keadaan kurang menyenangkan lainnya. Di saat yang sama, mereka perlu self motivation yang kuat untuk bisa selalu memotivasi diri dan punya goal yang jelas.

Bahasa Tuubuh (Body Language)

Bagi seorang penjual atau sales person, sangatlah penting untuk menguasai ilmu bahasa tubuh dalam meningkatkan jumlah penjualannya. Sebelum Anda memahami pentingnya pilihan kata, Anda bisa bayangka saat Anda menjadi seorang pembeli yang minta informasi produk pada seorang sales person, dan dijawab dengan datar dan monoton. Sebagai pembeli, mungkin Anda akan menangkap pesan kalau si penjual sendiri tidak tertarik pada produk itu.

Pilihan Kata dan Intonasi

Bahasa tubuh harus dipergunakan secara selaras dengan kata-kata yang digunakan. Ketika Anda menjadi seorang penjual, sebaiknya tidak hanya fokus dengan diri sendiri, melainkan pada customer juga. Amati bahasa tubuh calon customer untuk bisa ‘membaca’ pikirannya. Ingat bahwa setiap costumer itu bukan hanya sumber keuntungan, tapi mereka adalah seorang pribadi yang unik yang perlu diperhatikan.

Membuat Suasana Lebih Nyaman

Pada saat seseorang mulai bicara untuk menawarkan produk atau jasa, sadar atau tidak, ia akan mendapati costumer yang kemudian merasa nyaman berbicara dengan orang yang setipe dengannya. Anda mungkin sudah paham prinsip mirroring. Mirroring ini tidak hanya berarti ‘meniru’, sebenarnya aktivitas atau tindakan yang Anda lakukan bisa berpengaruh ke lawan bicara.

Ketika Anda antusias, maka customer juga antusias. Meniru di sini bisa dari gestur tubuh, gerakan-gerakan yang menjadi ciri khas pada saat dia berbicara. Ini penting supaya customer sebagai lawan bicara menemukan kenyamanan pada saat berbincang.

Tertarik mengembangkan diri dan usaha Anda dan melakukan negosiasi yang efektif?

 

Ikuti seminar Hypnoselling tanggal 13 September 2017. GRATIS! Hanya tersedia kursi yang terbatas. Akan ditutup sewaktu-waktu ketika peserta sudah memenuhi kuota. Untuk para pengusaha, marketing & sales. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.

Pencarian Terbaru: