Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan yang Baik

Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan yang Baik

Diposting pada

“Money can’t buy us happiness, but with money we can have a better quality of life,” begitu kata perencana keuangan, Prita Ghozie. Apapun pekerjaan Anda, masalah mengatur keuangan adalah hal penting untuk dikuasai. Ketika sudah berumah tangga, setiap pasangan tentu akan menghadapi berbagai pos pengeluaran. 

Seringkali bukan soal berapa pendapatan Anda setiap bulannya, melainkan bagaimana Anda mengaturnya. Yang membuat Anda mengeluarkan sejumlah uang adalah adanya kebutuhan atau keinginan dalam hidup.

Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan

Seperti dilansir oleh cermati.com, setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depannya seperti: liburan, memiliki rumah dan mobil sendiri, hingga biaya kuliah anak, dan dana pensiun. Rencana tersebut memerlukan uang yang banyak, sedangkan mencari tambahan penghasilan bukan sesuatu yang mudah.

Untuk itulah Anda membutuhkan beberapa cara untuk mengatur keuangan rumah tangga. Merencanakan keuangan itu bukan tentang berhemat. Merencanakan keuangan artinya memiliki hidup yang lebih seimbang. Ada banyak cara untuk menghemat uang jika Anda berpikir secara bijak terhadap penghasilan.

Prioritaskan Kebutuhan Keluarga

Langkah penting untuk mengatur keuangan rumah tangga adalah menentukan prioritas pengeluaran. Sebisa mungkin Anda tidak menghamburkan uang untuk keperluan yang tidak bermanfaat. Pahami betul kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Hal ini sangat penting untuk membantu membuat keseimbangan yang tepat antara pemasukan dan pengeluaran.

Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Setiap keluarga kemungkinan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Pada dasarnya kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi agar kehidupan dapat berjalan. Dalam kehidupan modern ini, seringkali batas antara keinginan dan kebutuhan menjadi kabur. Berbagai iklan, informasi, rekomendasi dan lain-lain mengubah cara pandang akan sesuatu.

Hal yang tadinya dianggap keinginan mewah, perlahan berubah menjadi keinginan yang wajar sampai akhirnya berubah menjadi sebuah kebutuhan. Apa bedanya kebutuhan dengan keinginan? Contoh mudahnya adalah sebagai berikut: setiap orang butuh pakaian, tetapi membeli pakaian dengan model terbaru adalah keinginan. Sah-sah saja kalau Anda memiliki berbagai keinginan, asalkan tetap terkendali.

Menambah Penghasilan

Tuntutan hidup yang semakin maju membuat kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Merencanakan keuangan memang penting, tapi sebenarnya masih ada langkah lain yang bisa Anda lakukan. Selain menahan keinginan dengan berhemat.

Anda tentu bisa lakukan cara lain yaitu menambah penghasilan dengan berbisnis. Untuk bisa berbisnis dengan lancar, tentu Anda harus memiliki skill menjual yang efektif. Nah, skill itu bisa Anda dapatkan melalui seminar kami :

 

“Be A Great Sales” pada tanggal 23 Agustus 2017. More info: 0811-265-2244.



Download Aplikasi Bisnis Online Rezeki Apps untuk cari penghasilan tambahan lewat ponsel Android.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook