Inilah Peran Seorang Entrepreneur untuk Perekonomian Negara

Banyak orang yang mengaku ingin jadi seorang entrepreneur, tapi siapakah seorang entrepreneur itu? Pada dasarnya, entrepreneur adalah tentang kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, untuk menghasilkan nilai tambah sekaligus memupuk keberaniaan untuk menghadapi risiko ketidakpastian.

Richard Cantillon, seseorang yang disebut-sebut sebagai pencetus istilah ‘entrepreneur’, di paruh pertama abad ke 18 tepatnya tahun 1730 pernah mengatakan bahwa inti dari kegiatan pengusaha adalah menanggung risiko. Mereka membeli suatu barang tertentu hari ini, lalu menjualnya esok hari dengan harga yang belum pasti.

Tapi hal baiknya adalah di tangan entrepreneur, sesuatu yang masih bersifat abstrak, seperti ide-ide bisa terwujud menjadi sesuatu yang dapat dinikmati banyak orang.

Siapapun bisa menjadi seorang entrepreneur. Ini adalah topik yang sangat membantu Anda. Yang tidak kalah penting adalah: mengawali bisnis harus dari passion, karena bisnis tidak difikirkan namun dijalankan. Apakah mungkin setiap orang dilahirkan sebagai entrepreneur? Iya. Semua orang berpotensi menjadi entrepreneur, apapun latar belakangnya.

 

Mengapa Suatu Negara Butuh Entrepreneur?

Seorang entrepreneur juga memiliki peran penting di dalam sebuah masyarakat negara. Bagaimana bisa seperti itu? Sebelum kita bicara soal peran entrepreneur dalam membangun bangsa kita tahu bahwa dengan menjalankan profesi ini berarti sedang berikhtiar mengurangi ketergantungan kepada orang lain, meningkatkan daya beli, atau paling tidak profesi ini meningkatkan kepercayaan diri pada pelakunya karena memberikan banyak pilihan dan kesempatan.

 

Berdampak Positif Terhadap Kenaikan Pendapatan Perkapita

Selain mampu mengombinasikan faktor-faktor produksi seperti; alam, tenaga kerja, modal dan keahlian, pada titik tertentu mereka bisa meningkatkan produktivitas nasional. Entrepreneur berperan menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja. Nah dengan terserapnya tenaga kerja maka tingkat pengangguran jadi berkurang. Padahal menurunnya tingkat pengangguran ini dapat berdampak positif terhadap kenaikan pendapatan perkapita.

Bisa dikatakan bahwa entrepreneurship itu adalah tulang punggung perekonomian bangsa (the backbone of economy) sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para entrepreneur.