Inilah Perbedaan dari Penghasilan dan Pendapatan

Seringkali kita mendengar istilah pendapatan dan penghasilan. Setiap bisnis yang dijalankan selalu terkait dengan pendapatan, omset, profit, dan cashflow atau aliran kas keuangan. Banyak yang menganggap kedua istilah itu sama, padahal berbeda. Tahukah Anda apa perbedaan dari penghasilan dan pendapatan? Berikut adalah penjelasannya secara umum.

Pendapatan (Revenue

Pendapatan (Revenue) adalah istilah yang berhubungan dengan keuangan pada keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode. Pendapatan kadang disebut juga penjualan (sales). Secara sederhana pendapatan (revenue) diartikan sebagai jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk yang bisa berupa barang atau jasa dari pelanggan. Pendapatan terbentuk dari earning process, yaitu proses terbentuknya pendapatan.

Penghasilan (Income) 

Penghasilan (income) adalah istilah terkait jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu yang telah kurangi dengan harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya-biaya lainnya. Bisa dibilang kalau penghasilan (income) lebih menitik beratkan pada pengertian pendapatan bersih atau net income. Kalau produsen mau tetap berproduksi saat harga pasar lagi jatuh berarti biaya produksinya harus dikurangi supaya pendapatannya positif atau mendapatkan laba.

Harga Pokok Penjualan (HPP)

Bicara soal pendapatan dan penghasilan, kita juga perlu mengenal yang namanya Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan metode yang digunakan perusahaan untuk menentukan harga pokok dari produk yang dijual oleh perusahaan dagang. Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah biaya yang muncul dari barang yang diproduksi  dan dijual dalam kegiatan bisnis.

Harga Pokok Penjualan (HPP) pada umumnya ada pada perusahaan dagang. Karena kegiatan utama perusahaan dagang adalah memperjualbelikan barang dagangan. Setidaknya, Harga Pokok Penjualan (HPP) memiliki dua manfaat antara lain; Sebagai patokan untuk menentukan harga jual dan untuk mengetahui laba yang diinginkan perusahaan.

 

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, ada ilmu yang harus dikuasai, antara laian tentang bagaimana meningkatkan profit. Nantikan seminar Profit Booster pada bulan Oktober 2017. Untuk info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!