Agar Performa Tim Tetap Bagus Meski Tanpa Pengawasan dari Atasan

 

Sikap seseorang ketika sedang sendirian dan bersama sekelompok orang seringkali berbeda. Mengapa bisa begitu? Tentu saja karena faktor pengawasan dari luar. Meskipun sebenarnya orang-orang di sekitarnya tidak bermaksud untuk mengawasi, tapi seseorang umumnya ketika dalam posisi dilihat orang cenderung memperlihatkan yang baik-baik.

 

Contoh 1: Saat Bertemu Polisi

Coba saja kita ambil contoh sebagai analogi. Ketika seorang pengendara di jalanan yang jarang ada polisi, maka ia lebih rileks meskipun tanpa helm atau lupa membawa STNK. Lain halnya ketika sedang melintasi daerah yang rawan pemeriksaan polisi. Tentunya ia akan berkendara dengan persyaratan lengkap, meskipun sebenarnya perginya tidak jauh-jauh amat.

 

Contoh 2: Berada di Tempat dengan CCTV

Contoh lain adalah ketika seseorang sedang berada di tempat yang dilengkapi dengan kamera CCTV. Menyadari bahwa segala gerak geriknya terekam dan bisa terlihat oleh orang lain di tempat khusus, maka ia kecil kemungkinan bahwa ia akan melakukan suatu perbuatan yang melanggar.

Berkaca dari keadaan orang yang bersikap baik-baik saat diawasi polisi dan CCTV, maka kita bisa melihat persamaannya, bahwa seseorang cenderung bersikap baik ketika ia sadar sedang berada dalam pengawasan.

 

Bagaimana hal tersebut diterapkan di dalam bisnis?

Atasan memang tidak selalu berada di tempat di mana bisnisnya dijalankan. Berikan perhatian khusus ke hal-hal terkait operasional untuk melakukan pelaporan aktivitas harian. Laporan aktivitas harian harus menjadi sebuah kebiasaan dalam kegiatan harian di outlet, yang mana proses pelaporan itu bisa dilakukan dengan bantuan email, telepon, google drive, whatsapp, telegram, dll. Tujuannya satu: agar perkembangan bisnis dapat diketahui secara kontinu.

Catatan pemasukan maupun pengeluaran semestinya dibuat secara terstruktur melalui bukti/inventaris pendukung. Pencatatan tentang transaksi usaha secara harian, yang disertai dengan bukti pendukung lain seperti bon dan kuitansi bisa meminimalisir kemungkinan untuk terjadi praktik manipulasi usaha. Walaupun bisnis tidak diawasi langsung.

Anda ingin memiliki bisnis yang berjalan lancar tanpa pengawasan? Pahami dulu ilmunya bersama kami dari iBizCOACH. Ikuti seminar Autopilot your Business tanggal 29 Agustus 2018 di Novotel Solo. Info lengkap hubungi 08112652244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!