Inilah yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Terjun ke Industri Kreatif

Proses terciptanya industri kreatif pada dasarnya adalah hasil dari daya cipta setiap individu. Pemanfaatan dan keterampilan yang dimiliki oleh sekelompok individu itu bahkan bisa membuat lapangan pekerjaan baru. Peranan industri kreatif dalam suatu negara dipandang semakin penting untuk mendukung kesejahteraan dalam perekonomian.

Bahkan ada berbagai pihak yang berpendapat bahwa ‘kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi yang utama’. Bagaimana masyarakat mengelola potensi di sekitarnya yang bernilai ekonomi adalah bergantung pada kreativitas.

Contoh Industri Kreatif

Contoh industri kreatif adalah kuliner, desain, percetakan, perfilman, arsitekur, periklanan, dan sebagainya. Di berbagai penjuru nusantara, berbagai macam peluang usaha kreatif mulai bermunculan. Banyak orang kemudian mulai tertarik menekuni bisnis kreatif. Para ahli di bidangnya menyatakan bahwa pendapatan negara sebagian disumbang oleh industri kreatif yang terus berkembang.

Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia pun semakin menunjukan perkembangan yang signifikan.  Banyaknya pekerja kreatif yang bermunculan di berbagai daerah, tentunya memunculkan persaingan. Untuk itu, kita perlu memahami seluk beluk industri kreatif sebelum terjun ke dalamnya. Agar bisa terus bertahan di sektor industri kreatif, maka ada beberapa tips untuk menekuni industri kreatif

Kenali kelebihan dan kekurangan produk Anda

Apapun bidang industri kreatif yang dipilih, pastikan untuk mengenal kelebihan dan kekurangan produk atau jasa yang Anda pilih. Buat rencana pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif, yang membuat konsumen tertarik dengan yang Anda tawarkan.

Selalu Mengikuti Perkembangan

Sebagai pelaku industri kreatif, tentunya Anda perlu mengikuti tren yang berkembang,  memiliki wawasan yang luas untuk menciptakan ide-ide segar dan mengembangkan kreasi produk yang Anda tawarkan. Karena itu, teruslah belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki.

Contohnya saja seperti dengan membaca, mengamati trend pasar melalui majalah, tabloid, dan surat kabar lainnya, mencari ide-ide segar melalui internet ataupun bertemu dengan orang-orang baru untuk berbagi ilmu dan bertukar ide.

Kreatif Mencari Peluang yang Ada

Industri kreatif juga bisa memiliki dampak sosial yang besar. Karena itu, maksimalkan proses bisnis di dalamnya yang bisa memberi keuntungan lebih dari sekadar materi. Jika ada masalah, segera cari solusinya. Bahkan, pihak pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif dapat turun tangan dalam hal pendanaan, pemasaran, dan pembuatan aturan-aturan.

Agar bisnis yang Anda geluti mampu berkembang dan bertahan, maka Anda dan tim harus lebih kreatif dalam mencari peluang-peluang yang ada.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!