elemen Personal Branding

 

Setiap kita menampilkan sesuatu di dunia maya, umumnya memang itulah yang ingin kita tunjukkan ke orang lain. Atau dengan kata lain: apa yang diunggah melalui akun media sosial adalah sesuatu yang baik dari diri kita, dan kita ingin orang lain melihat itu. Apakah Anda juga begitu? Lalu ketika kita bicara tentang personal branding, apa saja yang sebaiknya diingat?

 

1.Nilai-nilai (Values)

Yang pertama adalah values, yaitu nilai-nilai yang kita pegang teguh sebagai prinsip diri dalam berperilaku. Selain terkait dengan orang lain, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam menanamkan value adalah sikap terhadap diri sendiri. Sebaiknya tidak perlu menilai diri sendiri secara berlebihan, dan tetap bersikap terbuka. Berlebihan dalam hal ini adalah menilai terlalu tinggi (overestimate) maupun meremehkan (underestimate) diri sendiri.

 

2.Sikap (Attitude)

Attitude menurut kamus Oxford adalah ‘a settled way of thinking or feeling about something’.  Dengan kata lain, attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan kondisi sekitarnya. Prinsip yang ini menyangkut sikap diri dalam menyikapi sesuatu hal atau permasalahan dan juga empati terhadap orang lain.

 

3.Passion

Berikutnya adalah hal-hal yang membuat diri kita bersemangat saat melakukannya. Passion tentu saja tidak terpisahkan dengan apa purpose of life kita. Masalahnya adalah: bagaimana cara menemukannya? Menurut banyak catatan tentang motivasi yang sudah dipraktikkan, untuk menemukan purpose of life kita bisa bertanya ke diri sendiri; 1.Apa yang membuat kita tersentuh? 2.Apa yang membuat kita prihatin? Dan 3.Hal apa di sekitar yang ingin kita ubah?

 

4.Tujuan dan Visi Pribadi

Tujuan besar adalah bagian dari tujuan-tujuan kecil. Sebelum bicara tentang tujuan atau hasil, akan lebih mudah tentunya kalau kita memikirkan prosesnya. Membuat rencana dan menyusun hal-hal yang kita butuhkan itu sama seperti menyusun peta perjalanan. Hal-hal ini akan membantu kita untuk  mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi di dalamnya

 

5.Perspectives atau Sudut Pandang

Sudut pandang kita terhadap sesuatu lebih menentukan daripada sesuatu itu sendiri. Dengan kata lain, kadang apa-apa yang terlihat terlihat baik karena kita berpikir dari sisi positif. Itulah memiliki perspektif yang tepat dan bagaimana kita bisa menyesuaikannya dengan sudut pandang orang lain terhadap hal tersebut. Kelima hal mendasar itu akan membentuk seperti apa diri kita, dan itulah yang akan tercermin ke dalam tindakan yang bernilai di mata orang lain.