Pertanyaan Inilah yang Sering Diajukan Saat Interview Pekerjaan Serta Jawaban Terbaiknya

Interview kerja menjadi salah satu momen terpenting seseorang dalam karirnya. Maka dari itu, memberi jawaban terbaik dalam interview kerja selalu menjadi topik yang begitu diminati oleh para pencari kerja, baik fresh graduate maupun yang sudah lama lulus dan bekerja dalam beberapa waktu.

Seringkali berbeda kebutuhannya antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain, sehingga tidak ada panduan yang benar-benar akurat tentang bagaimana menjawab pertanyaan dalam sebuah interview pekerjaan. Inilah pertanyaan yang sering diajukan saat interview pekerjaan serta jawaban terbaiknya.

1.Mengapa Anda Melamar Posisi Ini?

Alasan mengapa interviewer menanyakan hal tersebut adalah bahwa hal itu bisa menjadi suatu pengantar yang memberi gambaran secara umum si pelamar. Apa motivasinya melamar di perusahaan dan di posisinya tentu mempengaruhi kinerjanya. Anda bisa memberikan jawaban yang logis dan tidak dibuat-buat, termasuk jika pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan pekerjaan sebelumnya, contohnya “Seperti yang bisa Bapak/ibu baca dalam Daftar Riwayat Hidup, saya telah bekerja selama … tahun (sebutkan) di bidang (sebutkan).

Selama itu saya telah belajar banyak keterampilan dan keahlian baru. Saya menghabiskan waktu luang di luar jam kerja dengan mempelajari bidang ini sampai menguasainya,”

2.Deskripsikan Tentang Diri Anda!

Biasanya, kalimat ini dibuat lebih spesifik begini: deskripsikan tentang diri Anda dalam 3 kata. Dalam hal ini, interviewer ingin mendapatkan informasi lebih dan mengetahui keunikan Anda. Mereka juga ingin melihat seberapa jauh Anda mengenali diri sendiri.

3.Bagaimana Cara Anda Menyesuaikan Diri?

Anggaplah sebelum ini Anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan lain. Lalu bagaimana cara Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru? Yang Anda harus tunjukkan adalah bahwa Anda orang yang fleksibel, open minded, dan mudah beradaptasi. Interviewer ingin memastikan bahwa Anda tidak terjebak dalam sistem lama di perusahaan Anda sebelumnya sehingga sulit beradaptasi dan menerima tantangan dan hal-hal baru.

Contoh  jawaban yang bisa diberikan: “Meskipun saya bekerja di tempat yang sama selama bertahun-tahun, namun saya mempelajari banyak hal selama bekerja dan berkontribusidalam negosiasi proyek dengan banyak pihak.

4.Apa yang Anda Ketahu tentang Perusahaan Ini?

Tujuan sebenarnya dari pertanyaan ini adalah mereka ingin tahu apa yang Anda ketahui tentang perusahaan yang hendak Anda masuki. Mengetahui seluk beluk perusahaan merupakan hal yang harus kita lakukan sebelum memutuskan untuk bekerja di sana. Dengan begitu mudahnya akses informasi saat ini, hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa menjawab dengan menyebutkan sumber-sumber yang dari sana Anda memperoleh info tersebut.

Ingin tahu lebih banyak seputar rahasia-rahasia dalam interview kerja atau bagaimana sistem rekrutmen yang efektif?

 

Ikuti seminar ‘Integrated Recruitment System’ dari iBizCoach (Indonesia Business Coaching) yang akan dilaksanakan tanggal 24 Januari 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!