pertanyaan untuk Diri Sendiri agar Kita Fokus pada Hal Positif

Pernahkah Anda memperhatikan seberapa sering Anda mengajukan pertanyaan dalam pikiran Anda setiap hari? Biasanya ketika kita mengajukan pertanyaan, kita menindaklanjuti dengan sebuah jawaban.

Jarang sekali pikiran kita diam tanpa aktivitas, kita selalu merenungkan atau mengajukan pertanyaan tentang sesuatu. Kita terus-menerus melakukan percakapan internal setiap hari. Ini terutama ketika kita tidak fokus pada sesuatu yang membutuhkan konsentrasi dan pikiran kita hanya mengembara.

 

Membentuk pengalaman yang lebih positif dan meneguhkan

Pertanyaan yang memberdayakan bekerja mirip dengan afirmasi pada diri Anda berulang kali. Mengajukan pertanyaan yang tepat yang dapat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pikiran dan emosi Anda. Dengan kondisi pikiran yang meningkat, sikap dan perilaku seseorang juga meningkat dan dapat mengarah pada pengalaman yang lebih positif dan meneguhkan.

Mari kita sekarang mengalihkan fokus ke pertanyaan yang memberdayakan. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda dapat merasa lebih baik pada saat itu. Tetapi ini juga dapat digunakan sebagai cara untuk memandu Anda dalam mendapatkan kejelasan untuk bergerak maju.

Misalnya, jika seseorang bertanya “Mengapa saya tidak bisa menarik seseorang?”, mereka mungkin menjawab dengan “Mungkin karena saya jelek, terlalu pendek, atau belum beruntung”. Ketika Anda mengajukan pertanyaan yang melemahkan, pada dasarnya Anda menjawab dengan afirmasi negatif. Hal yang sama berlaku untuk berpikir positif dan menggunakan afirmasi positif. Semakin banyak Anda menggunakannya, semakin Anda menjauhkan diri dan ‘mengalihkan’ diri Anda dari negativitas.

 

Tentang hal-hal esensial seperti ini

Jenis pertanyaan yang akan kita fokuskan dalam artikel ini adalah pertanyaan untuk pengembangan pribadi dan meningkatkan diri Anda. Menyadari apa yang Anda pikirkan itu penting sepanjang hari, kita bisa bertanya pada diri sendiri tentang hal-hal esensial seperti;

“Apa yang membuat saya bersemangat untuk masa depan saya?”

“Apa bagian terbaik dari hari ini?”

“Apa yang saya syukuri dalam hidup saya?”

“Siapa yang bisa saya bantu hari ini?” dan seterusnya.

 

Fokus ke pertanyaan yang memberdayakan

Kenyataannya adalah bahwa setiap orang memiliki emosi negatif dalam kehidupan mereka, dan ini wajar. Tetapi tergantung pada bagaimana Anda berfokus, lalu itu akan menentukan bagaimana pertanyaan pada diri sendiri pada akhirnya memengaruhi sikap, perilaku, dan perasaan Anda tentang kehidupan. Jika Anda kesulitan menentukan ke mana Anda ingin menuju, ingin menjadi apa, apa yang ingin Anda lakukan, kemudian mengajukan pertanyaan yang tepat pasti dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar.