Prinsip Terpenting Komunikasi Efektif

 

Untuk berbagai urusan, setiap orang tentu perlu berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Karena itu, pahamilah apa yang dimaksud oleh orang sebelum Anda ingin dipahami. Ada beberapa skill komunikasi efektif yang sebaiknya dikuasai, apalagi ketika Anda berbisnis.

Sesungguhnya komunikasi itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat, tanggapan, kepedulian, simpati, maupun respon positif dari orang lain. Berikut ini adalah 5 prinsip terpenting komunikasi efektif dengan hukum ‘REACH’ yang dikutip dari buku Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan (Ngainun Naim, Ar Ruzz Media). Dalam hal ini, reach adalah kepanjangan dari  Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble.

 

1.Respect

Hukum pertama yang terpenting dalam komunikasi yang efektif adalah sikap menghargai (respect) setiap individu yang jadi tujuan pesan yang kita sampaikan. Mengapa ini penting? Karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting.

 

2.Empathy

Empati merupakan kemampuan kita untuk menempatkan diri sendiri pada situasi atau kondisi orang lain. Apa yang jadi ‘syarat utama’ untuk memiliki sikap empati? Ialah kemampuan kita untuk mendengarkan atau memahami terlebih dulu, sebelum kita meminta untu didengarkan atau dipahami oleh orang lain. Aktivitas komunikasi untuk marketing juga diperlukan kemampuan untuk mendengar dan menangkap umpan balik dari audiens atau penerima pesan.

 

3.Audible

Pada dasarnya, audible bisa bermakna seperti ini: dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Audible berarti pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan. Hukum ini mengatakan bahwa pesan harus disampaikan melalui media, sedemikian rupa, sehingga bisa diterima dengan baik oleh si penerima pesan.

 

4.Clarity

Hukum keempat yang terkait dengan itu adalah kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan berbagai penafsiran yang berbeda-beda. Salahan penafsiran dalam komunikasi dapat menimbulkan berbagai dampak yang tidak sepele.

Clarity dapat pula berarti keterbukaan. Dalam berkomunikasi kita perlu bersikap terbuka, sehingga dapat menimbulkan rasa percaya dari penerima pesan. Ini sangat penting diterapkan oleh pemimpin kepada anggota timnya.

 

5.Humble

Hukum kelima dalam membangun komunikasi efektif adalah sikap humble atau rendah hati. Sikap ini ada kaitan dengan hukum pertama yaitu membangun rasa menghargai orang lain. Humble dibarengi dengan sikap terbuka dengan kritik dan saran, tidak memandang rendah orang lain, memaafkan, berani mengakui kesalahan, dan penuh pengendalian diri. Itulah prinsip terpenting komunikasi efektif. Sudahkah Anda melakukannya?

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!