Hal-hal yang Penting Dipahami Sebelum Menjalani mom preneur

 

Demam untuk berwirausaha makin meluas seiring dengan bermunculannya seminar atau pelatihan-pelatihan tentang entrepreneurship. Tren menjadi entrepreneur begitu menarik minat hampir semua kalangan, tak terkecuali ibu rumah tangga. Kemudian, banyak orang yang ‘banting setir’ menjadi pengusaha.

Kita mungkin sudah pernah mendengar tentang profesi mom-preneur. Dalam pengertian yang praktis, mom-preneur adalah ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis dari rumah. Lalu apa saja hal penting yang perlu dipahami sebelum menjalaninya?

 

Meluruskan Niat sebelum Menjalankan Usaha

Ada kalanya bisnis yang dijalankan orang lain terlihat lebih hebat dan menguntungkan. Lalu muncullah keinginan untuk mengikuti jejak orang yang bisnisnya lebih sukses tersebut. Termotivasi oleh kesuksesan orang lain memang memang bagus, tapi bukan berarti Anda lantas ikut-ikutan. Saat membuka bisnis karena tergiur keuntungan yang diperoleh orang lain, itu tidak selalu menjamin keuntungan.

 

Mengatur Prioritas Waktu

Waktu, bagaimanapun situasinya, adalah sesuatu yang berharga. Semua orang mempunyai waktu 24 jam sehari untuk beraktivitas yang kemudian dibagi-bagi ke dalam berbagai pekerjaan. Ketika seseorang sudah berkeluarga, khususnya yang sudah menjadi seorang ibu, dengan sendirinya perannya makin bertambah. Secara bersamaan, waktu untuk orang lain juga bertambah (untuk tidak menyebut waktu untuk diri sendiri berkurang).

Menjalankan bisnis dari rumah memang bisa menambah pemasukan. Tapi, pilihan itu juga menambah aktivitas ibu karena harus membagi perhatian antara mengurus anak dan mengelola bisnis. Kadang beberapa kondisi membutuhkan pengorbanan ekstra, banyak mengeluarkan tenaga, pikiran, kesabaran, dan tentu saja pengorbanan waktu.

 

Tidak Menjadikannya sebagai Beban

Seorang ibu sebagai anggota keluarga dan juga bagian dari masyarakat tentunya memiliki peran  sendiri. Mulai dari kesibukan keluarga sampai berpartisipasi di kegiatan di lingkungan. bersilaturahmi dengan tetangga, kerja bakti di lingkungan sekitar yang diadakan warga, mengikuti arisan yang diadakan ibu-ibu di tempat daerah tinggal, dan aktivitas lain.

Bagaimana kalau ditambah dengan menjalankan bisnis? Sebenarnya mudah saja tips menjalaninya. Asal tidak menjadikannya sebagai beban, maka aktivitas bisnis bisa terus dijalankan dengan semangat dan rasa syukur.

Ingin lebih seimbang antara bisnis dan keluarga? Ikuti Seminar Align Couple for Business pada tanggal 18 September 2018 di Novotel, Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!