Rahasia Menarik Audiens Lebih Banyak, Inilah Strategi Konten Marketing dengan Formula SHINE

 

Banyak sekali konten marketing yang terbit setiap harinya di website. Sebagian menjadi viral, di saat sebagian yang lain menunjukkan performa standar. Memang tujuannya bukan semata-mata agar menjadi viral (padahal kemungkinannya kecil sekali), tapi bagaimana menjadi sumber informasi yang dikunjungi orang secara rutin. Agar lebih menarik audiens lebih banyak, inilah strategi konten marketing dengan formula SHINE.

SHINE merupakan kepanjangan dari ‘Specificity’ (Kespesifikan), ‘Helpfulness’ (Kemanfaatan), ‘Immediacy’ (Ketergesaan), ‘Newsworthiness’ (Konten yang Berharga), dan ‘Entertainment’ (Hiburan). Disadur dari beberapa sumber, inilah penjelasan untuk masing-masing poin.

 

1.S=Specificity

Sebuah konten marketing, khususnya artikel, dibuat untuk orang-orang atau kelompok tertentu. Hal itu akan memancing orang-orang yang merasa disebutkan atau mereka yang ‘terwakili’ keadaanya. Specificity atau kespesifikan bisa terlihat dari judulnya. Misalnya, “Khusus untuk Anda yang Ingin Mengembangkan Start Up…”

 

2.H=Helpfulness

Kemanfaatan adalah poin berikutnya, di mana konten marketing akan berguna untuk para calon pembacanya. Tunjukkan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan pembaca melalui konten marketing tersebut.

 

3.I=Immediacy

Immediacy adalah keadaan ketika pembaca merasa harus segera membaca artikel yang mereka klik. Immediacy dalam hal ini bisa dijelaskan dengan ketergesaan. Caranya bagaimana? Karena menarik saja tidak cukup, maka berikan judul yang mengesankan, mengandung risiko ‘kehilangan’ jika Anda tidak membukanya, dan ini tidak berlebihan. Bisa juga buat kuis berhadiah, atau mungkin sebuah pertanyaan yang bisa membuat calon pembaca merasa penasaran.

 

4.N=Newsworthiness

Newsworthiness atau konten yang berbobot atau berharga, da inilah poin di mana konten marketing yang Anda berikan sudah semestinya menawarkan hal yang berbeda dari artikel lain yang sejenis. Jika mungkin, tampilkan hal-hal yang sekiranya belum pernah didengar sebelumnya. Atau kalaupun bukan hal baru, setidaknya Anda bisa menyampaikannya dengan cara berbeda.

 

5.E=Entertainment

Entertainment adalah poin menghibur pada konten marketing yang Anda berikan ke audiens. Tidak hanya diberikan hal-hal bermanfaat, penting, dan serius, mereka juga butuh hiburan. Apapun itu, pada dasarnya konten marketing akan berjalan seperti rencana apabila Anda memberikan sesuatu yang berguna bagi audiens atau pembaca, sehingga mereka tertarik untuk membaca artikel atau melihat konten yang Anda buat tersebut.