Inilah Rahasia Menjual Tanpa Harus Banyak Bicara

Apa yang Anda pikirkan ketika membahas tentang aktivitas menjual? Dan bagaimana kalau ternyata untuk menjual itu tidak harus banyak berkata-kata? Apa yang harus Anda lakukan untuk menjual tanpa harus banyak bicara? Kuncinya adalah komunikasi efektif.

Pilihan Kata-kata yang Anda Gunakan

Di dalam komunikasi, kita punya banyak cara. Yang pertama, menggunakan kata-kata. Saat Anda menggunakan kata-kata sebetulnya kekuatan Anda adalah 7% saja. Itupun ketika Anda benar dalam memilih kata-kata atau yang disebut dengan semantik. Semantik adalah pembelajaran tentang makna. 

Intonasi Bicara Anda

Setelah pilihan kata, yang kedua adalah intonasi bicara Anda. Tinggi rendah nada bicara yang Anda gunakan lebih banyak memberi pengaruh. Karena itu akan mempengaruhi keberhasilan komunikasi Anda, maksimum 38%. Ketika intonasi Anda tepat, dan kata-kata Anda tepat maka Anda baru mendapat 7% + 38% = 45%. Ya, belum ada separuhnya.

Bahasa Tubuh Anda

Setelah mendapat 45% dari kata-kata dan intonasi, apa lagi setelah itu? Berikutnya adalah gestur atau bahasa tubuh Anda. Bahasa tubuh (Body language) Anda menempati porsi yang besar, yakni 55%. Sebagai salah satu contoh adalah ketika Anda memanggil orang dengan namanya, maka orang tersebut kepada Anda. Tapi ketika Anda memanggil dengan isyarat pun seringkali mereka juga datang. Seperti situasi ketika Anda memberi isyarat kepada adik Anda, untuk datang ke depan Anda. Sang adik tentu akan mudah jika Anda tunjukkan simbol uang dengan jari Anda.

Bahasa tubuh Anda sangat mempengaruhi seperti apa hasil dari penjualan yang Anda lakukan. Mungkin produk Anda biasa-biasa saja, tapi gestur Anda mempengaruhi sisi emosional calon customer Anda. Sekali lagi, menduduki peringkat nomor 1 yakni 85% keputusan seseorang dibuat karena faktor emosional. Hati-hati dengan bahasa tubuh Anda karena bahasa tubuh Anda sangat menentukan keberhasilan dalam proses penjualan.

Penting bagi Anda untuk membangun kedekatan atau menyamakan frekuensi dengan orang yang Anda ajak bicara. Kalau posisi Anda searah dengan lawan bicara berarti ia sepakat dengan Anda. Proses closing terjadi. Sebaliknya, ketika mereka menyilangkan tangan, kemungkinan ia menolak. Sekali lagi, penting bagi Anda untuk membangun kesamaan agar maksud Anda tersampaikan.

 

Untuk dapat berkomunikasi efektif demi keberhasilan menjual tanpa banyak bicara, Anda bisa mengikuti seminar Hypnoselling dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017 di Aston Hotel, Solo. Informasi lebih lengkap hubungi 0811-265-2244.