iBiz COACH : Rencana Bisnis Sederhana untuk Anda.

Membangun Bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nah dengan menyusun sebuah Bisnis plan itu tidak hanya membantu Anda yang baru saja mendirikan Bisnis tetapi juga yang sudah memiliki Bisnis yang tengah berkembang.

Bisnis plan dapat diartikan sebuah rencana Bisnis atau peta tertulis tentang masa depan Bisnis Anda. Sebuah dokumen yang memberitahukan apa yang akan Anda lakukan saat membangun Bisnis dan bagaimana rencana untuk melakukannya secara terstruktur.

Secara sederhana Bisnis plan adalah langkah-langkah apa saja yang akan Anda kerjakan untuk mencapai target dalam kurun waktu tertentu.

pelatihan bisnis

Pada umumnya Bisnis plan menggambarkan proyeksi target apa yang akan Anda capai kedepannya.

PENTING : Rencana Bisnis Sederhana untuk Anda

Apa yang akan terjadi jika Anda tidak punya Bisnis PLAN? Yang pastinya Perusahaan Anda tidak akan berjalan dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus membangun Bisnis plan

Alasan pertama

Bisnis plan membantu Anda dalam merinci banyaknya modal usaha yang Anda butuhkan, membuat Bisnis plan mau tidak mau mengharuskan Anda melihat kondisi keuangan Anda. Seberapa banyak uang yang Anda miliki, kemana uang itu akan Anda pergunakan. Serta apakah jumlah itu akan cukup, tidak hanya waktu membangun Bisnis tetapi juga sampai Bisnis tersebut telah berjalan.

Alasan kedua

Agar tetap fokus, memulai Bisnis artinya Anda akan memiliki banyak hal untuk dipikirkan, hal tersebut akan membuat Anda kewalahan, hilang fokus dan konsentrasi. Membuat Bisnis plan akan membuat Anda tetap berada pada jalurnya.

Alasan ketiga

Dapat membantu Anda menghadapi persaingan, salah satu guna membuat Bisnis plan adalah melakukan riset pada produk Anda. Menganalisa pasar bisa membuat Anda menargetkan konsumen dan menentukan harga sekaligus memberikan ide untuk membangun Bisnis yang lebih unik dibandingkan dengan Bisnis sejenisnya.

Hal-hal yang harus ada di dalam Bisnis plan adalah:

  • 1. Target yang ingin dicapai.

Tulislah apa yang mau Anda capai bersama dengan Bisnis yang Anda jalankan. Tulis dengan jelas dan berapa lama target itu tercapai.

  • 2. Deskripsi Bisnis Anda.

Tuliskan siapa Anda dan apa yang akan Anda lakukan dalam proses mencapai target Bisnis Anda tersebut. Tulis harapan pasar terhadap bisnis Anda.

  • 3.  Produk yang ditawarkan.

Buatlah daftar produk atau jasa yang mau Anda tawarkan, beri keterangan dan informasi seberapa penting produk itu berguna untuk konsumen Anda. Anda bisa membuatnya dalam bentuk tabel

  • 4. Analisis pasar.

Anda di sini diharuskan mengetahui Bisnis apa yang Anda geluti dan ketahui seberapa besar pasar memerlukan produk Anda, yang paling mudah adalah dengan coba menanyakan kepada diri sendiri apakah Anda juga membutuhkannya? Dengan kata lain belajar untuk memposisikan diri sebagai konsumen.

  • 5. Analisis pesaing.

Tuliskan tingkat persaingan yang mungkin terjadi di pasar setelah Anda menjual barang tersebut. Misalnya ada berapa banyak pesaing Anda, apakah hanya satu atau lebih. Berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda dan lain-lain.

  • 6. Strategi pemasaran.

Setelah Anda mengetahui ke 5 hal di atas maka sangat penting untuk menentukan strategi pemasaran Anda. Jangan biarkan konsep pemasaran Anda sama seperti pada umumnya, berikan konsep strategi marketing yang tidak biasa atau unik.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menentukan dimana Anda harus mempromosikan barang Anda. Apakah di media sosial, media berbayar, koran atau radio.

Itulah rencana Bisnis sederhana yang harus Anda susun terlebih dahulu, jika Anda mempunyai masalah di bidang operasional, SDM, Finance,

Marketing dan lain-lain segera hubungi kami di nomor 0811-265-2244 untuk menyelenggarakan IHT (In-house  Training) yang akan membantu Anda untuk bersam-sama memecahkan dan menanggulangi masalah Perusahaan Anda.

Pencarian Terbaru: