Pentingnya Reward pada Diri Sendiri, Anda Sudah Melakukannya?

Diposting pada



10 Pertanyaan untuk Refleksi Diri dan Memaknai Kembali Pencapaian Hidup Anda di Tahun Ini

 


Setelah Anda menyelesaikan tugas atau target utama, apa yang kemudian Anda lakukan? Langsung beranjak ke pekerjaan berikutnya? Hati-hati, terlalu produktif hanya akan membuat seseorang jadi seperti robot. Perhatikan bahwa diri Anda, atau tim yang bekerja bersama Anda sebenarnya menginginkan sesuatu yang lain. Tak lain adalah apresiasi. Secara khusus adalah memberi reward untuk diri sendiri.  

 

Mengapa Perlu Memberi Reward pada Diri Sendiri?

Reward atau hadiah, umumnya kita lihat ia diberikan kepada siapapun yang berhasil memenangkan kompetisi. Bagaimana dengan menghadiahi diri sendiri? Anggaplah kita sedang berusaha keras untuk sesuatu, dan kita begitu antusias. Tidak untuk bersaing dengan siapapun melainkan diri sendiri yang kemarin.

Pada saat itu, otak Anda memunculkan emosi positif, yang mengarah pada kesadaran bahwa upaya Anda pantas untuk dihargai dengan apresiasi yang positif. Dengan melakukan ini, otak Anda akan mulai memahami bahwa kesenangan itu sebanding dengan keberhasilan menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tidak hanya untuk jangka pendek, tapi juga bermanfaat di masa depan.

 

Membangun Sistem Pemberian Hadiah Pribadi dan Tim

Adalah menyenangkan saat kerja keras Anda dihargai. Ternyata kita semua bisa mendapat manfaat besar dengan menerapkan ‘program hadiah pribadi’. Tidak harus mewah, karena kadang-kadang imbalan sederhana bisa mendorong kita berusaha lebih keras lagi.

Reward besar juga perlu. Sebanding dengan besarnya tantangan tugas yang dilakukan. Reward berupa traveling ke luar negeri atau membeli barang-barang baru untuk memuaskan hobi Anda dapat digunakan untuk ‘tujuan yang lebih besar’ dan mereka dapat memicu sedikit motivasi ekstra yang diperlukan untuk merasakan kemenangan. Saat sistem pemberian hadiah ini mulai diterapkan, coba lakukan eksperimen dengan berbagai hadiah untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda dan tim Anda. Lihat efeknya pada kinerja sehari-hari.

 

Lakukan Ini sebagai Latihan

Pada setiap penghujung hari, tuliskan tiga pencapaian terbaik Anda, seberapa besar atau kecil tidak masalah. Dan begitu Anda mencapai sesuatu lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya, rayakan. Mungkin dengan cara rehat jalan-jalan, ngopi dengan teman SMA, berjalan-jalan di sekitar taman, atau liburan singkat. Bahkan hadiah kecil adalah ‘motivator yang hebat’. Mulai beri reward diri Anda sendiri untuk kemenangan, besar dan kecil, dan itu akan memberikan efek yang berkesan. Buktikan saja. Karena sebelum orang lain, diri sendirilah yang harus mengapresiasi apa yang kita kerjakan.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar

 

Pencarian Terbaru: