Saat Ide Bisnis Ditiru Orang Lain

 

Nothing new under the sun, begitulah sebuah quote yang diyakini banyak orang. Bahwa tidak ada lagi sesuatu yang 100% baru di dunia ini. Artinya, ketika kita mencetuskan sesuatu yang seolah-olah orisinil, ternyata sudah pernah ada orang lain yang juga memikirkannya.

Ada saatnya seseorang merasa khawatir kalau idenya ditiru orang lain, dalam hal ini adalah ide bisnis. Apalagi mereka yang merintis bisnisnya dari bawah. Cukup wajar kalau kekhawatiran itu muncul. Kemudian bermunculan tipe-tipe pebisnis yang bersikap terbuka untuk membicarakan ide usahanya, namun ada pula yang cenderung tertutup. Kadang sikap mereka juga dipengaruhi oleh karakter bawaan pribadi.

Masalahnya bukan pada apakah pebisnis tersebut untuk membuka atau merahasiakan ide bisnisnya serta strategi untuk membuatnya berhasil. Lalu ada yang bertanya: Apa yang harus dilakukan saat ide bisnis ditiru orang lain? Meskipun kita sama-sama memahami betapa mahalnya sebuah ide, tapi sebenarnya Anda tidak perlu khawatir kalau ide bisnis Anda ditiru orang. Mengapa Anda tidak seharusnya khawatir?

 

Setiap Orang Berpikir dengan Keunikannya

Sebagai sebuah rancangan yang tersusun di dalam pikiran, sebuah ide orisinil tentunya merupakan hal yang unik antara satu orang dan orang lain. Dengan kata lain, tidak ada siapapun yang memahami sebuah ide sebagaimana Anda memahaminya. Begitu juga saat diterapkan, belum tentu orang meniru itu mencapai hal yang sama.

 

Ada Faktor Lain yang Lebih Berharga

Meskipun ide itu berharga, tapi sebenarnya ia bukanlah faktor yang paling berharga. Mengapa begitu? Kesuksesan bisnis itu ditentukan oleh semua faktor. Faktor yang berharga dalam membangun bisnis selain ide adalah modal, relasi, serta kerja keras dan kesabaran menjalani prosesnya. Sehingga, mengandalkan ide saja tidak cukup untuk  membuat bisnis berjalan sukses.

 

Jadi apa yang harus dilakukan?

Pertama-tama justru tidak usah memikirkannya. Atau jika memang terlanjur berpikir, berpikirlah positif. Kalau ada yang meniru, berarti ide Anda cukup bagus untuk diterapkan. Kenyataannya kita tidak bisa mengendalikan siapapun kecuali diri kita sendiri.

Jadi bersikaplah tenang saja. Terkait ide bisnis yang ditiru orang, coba posisikan diri sebagai orang yang meniru orang lain. Meskipun Anda meniru mereka yang sukses di bidang tetentu, apakah Anda akan sehebat orang lain tersebut? Kemungkinan besar tidak akan.

Tidak peduli akan ditiru atau tidak, teruslah berinovasi. Lebih penting lagi untuk terus fokus pada bisnis Anda sendiri, tanpa terus mengkhawatirkan ide yang merupakan sesuatu yang bebas dikembangkan oleh siapapun.