SDM Seperti Apa yang Sebenarnya Dibutuhkan untuk Menghadapi Pesatnya Perkembangan Teknologi

Apapun bentuk dan tujuannya, sebuah organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia. Organisasi itu bisa berupa organisasi profit maupun nonprofit. Untuk mencapai tujuannya, faktor yang sangat sentral dalam organisasi adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Dengan pengaruh globalisasi yang semakin hari semakin berkembang di berbagai bidang, diharapkan SDM dapat berpacu dan memiliki daya saing, agar hidup lebih maju seiring dengan perkembangan zaman.

 

SDM adalah Aset

SDM dipandang bukan hanya sebagai sumber daya semata, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi organisasi tersebut. Organisasi dalam hal ini adalah perusahaan yang mana setiap perusahaan menghadapi persaingan dan keharusan untuk beradaptasi dengan teknologi. Karena itulah, ada aspek yang tidak bisa digantikan terkait peran SDM yang dibutuhkan untuk menghadapi pesatnya perkembangan teknologi.

 

Inilah yang Tidak Bisa Digantikan oleh Mesin

Ada beberapa hal dalam pekerjaan yang tidak bisa menggantikan peran diri manusia secara personal. Katakanlah misalnya keterlibatan emosi, kedisiplinan, motivasi, kreativitas, dan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap pekerjaannya maupun lembaga tempatnya bekerja. Hal-hal tersebut tidak bisa digantikan oleh mesin atau teknologi apapunn. Itulah mengapa kehadiran SDM yang berkualitas masih sangat diperlukan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Perlu diketahui juga kalau teknologi pun hasil dari pemikiran manusia.

Lalu sikap seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan? Dalam rangka mempersiapkan sdm untuk menghadapi pesatnya perkembangan  teknologi, yang dibutuhkan adalah manusia yang mampu dengan cepat beradaptasi, profesional, kreatif, dan selalu meningkatkan kompetensi. Selain itu, sikap yang sebenarnya dibutuhkan untuk merespon pesatnya perkembangan teknologi adalah sikap disiplin. Sikap disiplin inilah yang jika dilakukan secara konsisten meningkatkan produktivitas kerja.

SDM merupakan hal pertama guna menjamin keberlangsungan lembaga. Sikap mental positif merupakan kunci utama untuk membangun kualitas SDM, bukan hanya berdasarkan keterampilan saja. Bagaimana cara lain untuk membuat SDM yang Anda miliki untuk menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dan memberikan kontribusi terbaik?

 

Hal itu bisa dimulai dengan membuat sistem rekrutmen yang efektif. ¬†Ikutilah Seminar Bisnis “Integrated Recruitment System” pada tanggal 24 Januari 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: