3 Sebab yang Membuat Konsumen Belum Membeli di Tempat Anda

Diposting pada



3 Sebab yang Membuat Konsumen Belum Membeli di Tempat Anda

“People don’t care about your business. They care about their problems. Be the solution they’re looking for.” Quote tersebut terdengar sangat egois, tapi memang begitulah keadaannya. Orang hanya membeli untuk satu alasan yang memang penting untuk hidup mereka.


Anda sebagai penjual sudah seharusnya menaruh perhatian kepada hal ini. Memahami pembeli Anda dan alasan mengapa mereka membeli sangat penting untuk menjadi acuan strategi penjualan berkutnya. Sebaliknya, memahami mereka yang belum membeli ke tempat Anda juga penting untuk melakukan evaluasi.

Lalu apa sebab yang membuat konsumen belum membeli ke tempat Anda?

1.Belum Melakukan Riset Pasar

Perlu  kita pahami bersama bahwa konsumen saat ini sudah semakin cerdas dalam memilah dan memilih produk yang akan dibelinya. Itulah mengapa para penjual selalu mencari tahu seperti apakah sebenarnya perilaku para konsumen. Jika barang yang anda miliki sama dengan produsen lain, maka seorang konsumen pasti akan membandingkan barang mana yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Supaya bisa memberikan produk produk yang lebih baik lagi dan bisa diterima oleh konsumen, Anda disarankan untuk melakukan riset pasar.

Langkah untuk riset pasar ini penting agar Anda bisa tahu seberapa besar produk Anda dibutuhkan oleh konsumen. Setelah selesai melakukan riset, Anda tidak berarti selesai tugasnya. Ingat bahwa kesalahan dalam hal pelayanan saja mereka bisa lari. Jadi manfaatkan hasil riset untuk membuat koneksi dengan konsumen agar Anda makin memahami kebutuhan konsumen.

2.Layanan yang Kurang Cepat

Sebagaima Anda yang mempunyai waktu yang sangat berharga, begitu juga para konsumen. Ketika mereka mendapat pelayanan yang kurang cepat, apa yang terjadi? Kemungkinan besar mereka akan komplain, tidak akan ke tempat Anda lagi, atau bahkan mengatakan ke teman-temannya bahwa layanan di tempat Anda kurang cepat dan kurang memuaskan.

3.Tidak Menanggapi Komplain dengan Baik

Komplain adalah ekspresi atau ketidakpuasan konsumen entah itu melalui telepon, face to face, maupun lewat sosial media. Solusi terbaik adalah menanganinya segera dengan cepat karena kepercayaan seorang pelanggan terhadap sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting. Komplain pelanggan pada dasarnya bisa memberikan kontribusi yang positif untuk bisnis yang Anda kelola.

Sebisa mungkin berikan yang terbaik untuk konsumen, sehingga bisa menimbulkan rasa percaya mereka yang belum membeli ke tempat Anda.

 

Ikuti Seminar Bisnis Be a Magician Sales pada tanggal 22 November 2017 di Hotel Royal Heritage Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar