sejarah digital marketing

Digital marketing merupakan sebuah usaha atau metode untuk memasarkan sebuah produk atau merek dengan media pendukung dalam bentuk digital. Metode ini lebih mampu menjangkau konsumen, relevan, dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.  

Salah satu penerapan digital marketing yang mudah dilakukan adalah melalui media sosial. Era digital marketing semakin tidak terlepaskan dari dunia bisnis, karena nama baik sebuah perusahaan, sekarang seperti ‘dipertaruhkan’ hanya dari tampilan media sosialnya.

 

Kapan Orang Memanfaatkan Digital Marketing Pertama Kali?

Pada tahun 1990, istilah digital marketing mulai diperkenalkan pertama kalinya ke hadapan publik. Disusul kemudian dengan ‘kelahiran’ World Wide Web (www) setahun kemudian, yakni pada tahun 1991. Tidak lama kemudian, sekitar 2 tahun kemudian, sebuah banner iklan online mulai dibuat. Di sana, jika diklik, maka kita akan langsung diarahkan ke halaman promosi produk-produk tertentu.

Saat itu, e-commerce pertama di dunia lahir dengan nama Yahoo!, tepatnya pada tahun 1994. Ya, Yahoo! awalnya adalah tempat belanja online pertama untuk 16 juta pengguna internet saat itu. Sebelum akhirnya Yahoo! mengalami kebangkrutan.

 

Ketika Gaya Orang Berbelanja Mulai Berubah

Sejak tahun 2000an, beragam layanan online hadir dan dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan orang-orang di dunia. Mulai dari mesin pencari, email, blog, video streaming, aplikasi instant message, sampai aplikasi pemutar musik. Masing-masing teknologinya dikembangkan sedemikian rupa dan ditemukan sistem untuk monetisasi. Media sosial seperti Facebook juga tidak ketinggalan dengan membuat layanan facebook ads.

Sejak saat itu gaya hidup orang-orang pun mulai berubah. proses pencarian dan pemilihan produk sudah aktif dilakukan via teknologi dunia digital. Saat belanja sesuatu tidak harus mendatangi toko. Tapi cukup ‘mengunjungi’ toko online dengan ponsel masing-masing. Jika merasa sudah menemukan produk yang cocok, para calon pembeli akan menghubungi contact person toko online.

 

Bagaimana gambaran dunia digital marketing ke depan?

Yang jelas, persaingan yang berlangsung di dunia digital semakin menantang, sejak saat ini hingga ke depannya. Yang bisa bertahan adalah mereka yang mau mempelajari tren-tren yang kini sudah bermunculan dan menyesuaikan dengan keadaan yang ada.