Apakah Anda sudah memiliki gambaran lengkap bagaimana cara efektif untuk promosi bisnis Anda? Bisnis apapun tentunya tidak terlepas dari aktivitas penjualan sebagai ujung tombak perusahaan. Kinerja dalam suatu perusahaan dikatakan berhasil apabila tujuan yang diharapkan bisa berhasil secara maksima. Apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi marketing?

Bagaimana Anda Mengedukasi Konsumen

Faktor yang pertama adalah tentang bagaimana Anda mengenalkan produk Anda ke konsumen. Ketika Anda tidak bisa menjelaskan apa yang dimiliki produk Anda maka konsumen jadi kurang mengenal. Maka tugas pertama Anda sebagai pebisnis adalah mengedukasi pasar.

Bagaimana Produk atau jasa Anda di mata Orang Lain

Cara termudah untuk melihat apa yang Anda jual adalah melalui kemasan produk Anda. Sementara itu, dalam hal didengar adalah melalui cara tim sales Anda menawarkan. Penting juga untuk menampilkan testimoni pelanggan Anda yang sudah menggunakan produk Anda.

Faktor yang tidak kalah penting berikutnya adalah konsistensi. Maksud dari konsistensi di sini adalah bagaimana Anda tetap terhubung dengan pasar setelah konsumen Anda melakukan pembelian. Banyak penjual yang menganggap sesudah transaksi itu berarti selesai. Dengan kata lain konsumen adalah sumber uang semata.

Padahal ada tahap penting setelah konsumen membeli yaitu bagaimana Anda menjaga pelanggan Anda agar tidak meninggalkan Anda. Kenyataannya sebagian besar konsumen pergi dan tidak melakukan repeat order karena tidak mendapat perhatian. Terlepas dari hal-hal teknis, tentu semua hal termasuk strategi marketing pun membutuhkan konsistensi.

Penyampaian pesan yang tepat

Penyampaian pesan yang tepat akan menimbulkan respon pasar yang lebih baik. Ketika pesan yang Anda sampaikan kepada pasar Anda itu tepat sasaran maka mereka akan memberikan ketertarikan pada produk atau jasa Anda. Ketika pesan itu gagal tersampaikan, maka Anda perlu evaluasi tentang bagaimana langkah-langkah Anda sejauh ini, apakah sudah benar.

Berikan diskon untuk transaksi berikutnya

Katakanlah Anda berbisnis di bidang jasa percetakan. Jika biaya cetak poster 17 ribu, cobalah untuk menawarkan gratis setelah mengumpulkan lima nota cetak  di tempat Anda. Dengan demikian, strategi harga ini paling tidak telah berhasil membuat pelanggan mencetak poster di tempat Anda sebanyak lima kali berbayar.

Hindari Menawarkan dengan Paksaan

Saat semua informasi, diskon serta keuntungan telah ditawarkan kepada klien Anda langkah selanjutnya adalah menunggu jawaban. Ketika Anda sedang mengalami kendala dengan situasi yang ada, sebaiknya untuk tidak memaksakan calon pelanggan mengambil keputusan.

Anda tertarik untuk mengenal lebih jauh strategi marketing yang tepat untuk pelanggan Anda?

 

Anda bisa mulai di seminar kami bertema “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.