Saat Semua Brand Berebut untuk Diingat

 

Adalah hal wajar jika setiap business owner yang sukses ingin membagikan inspirasi kepada orang lain. Setiap perusahaan ingin menunjukkan visi dan misi yang hebat. Tapi bagaimana pendapat Anda saat melihat visi dan misi sebuah perusahaan dengan kata-kata ‘Menjadi yang terdepan dalam hal bla-bla-bla…’.

Memang semua berlomba menjadi yang terdepan, tapi tidak adakah cara lain yang lebih kreatif untuk mengungkapkan maksud dan tujuan menjadi yang terbaik? Bukankah kesan tertangkap dari yang seperti itu tidak unik?

Sementara itu, semua brand dibangun sedemikian rupa agar mudah dikenal dan mendapat tempat di benak konsumen. Banyak cara dilakukan, salah satunya membuat tagline yang pendek, bermakna, dan mudah diingat. Di zaman serba cepat di mana hampir semua brand berlomba-lomba untuk tampil dan diingat, satu pertanyaan di benak kita adalah: bagaimana membuat tagline yang langsung menempel kuat di kepala?

 

Tagline Berarti Ide dan Nilai-Nilai yang Diperjuangkan

Saat orang bekerja untuk mengembangkan merek, ia akan terpapar banyak informasi yang berbeda dari banyak sumber yang berbeda, juga dengan banyak suasana yang berbeda. Membuat tagline yang singkat itu ternyata tidak mudah. Untuk menemukan satu kalimat pendek ternyata harus melalui proses kreatif seperti akan membuat karya besar.

Semakin kreatif orang yang membuat tagline itu, semakin menempel di benak konsumen. Lebih dari itu, tagline berarti ide dan nilai-nilai yang diperjuangkan. Data dan fakta yang logis adalah penting, tetapi menjual sebuah ide, menyebarkannya dan membawanya ke kehidupan nyata jauh lebih mudah jika dapat mengemasnya dalam kata-kata dan gambar yang mudah dipahami.

 

Memberi Kesan Mendalam di Benak Konsumen

Meskipun hanya berupa satu baris jargon kecil yang berada di belakang nama produk, tapi tagline akan membangun kesan yang mendalam di benak konsumen. Contohnya untuk strategi brand Apple yang mengusung tagline Think Different. Simple, tapi bermakna. Orang akan mudah memiliki persepsi bahwa produk Apple selalu berusaha membuat inovasi yang berbeda dan tentu jauh lebih baik untuk para penggunanya.