Untuk Anda yang Sering Khawatir Tentang Masa Depan, Coba Renungkan Hal Ini

Diposting pada

Untuk Anda yang Sering Khawatir Tentang Masa Depan

 

Pernahkah Anda merasa susah tidur karena mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi? Misalkan mengkhawatirkan masa depan, sampai mengganggu produktivitas Anda. Bahkan perasaan gelisah itu muncul begitu saja tanpa sebab yang jelas, pernah mengalaminya?

Jika Anda menjawab ‘ya’, Anda tidak sendirian. Kekhawatiran terjadi pada kita semua, terutama ketika menyangkut peristiwa, orang, dan hal-hal yang penting. Masalah yang sering tidak disadari: kekhawatiran bisa memicu pemborosan waktu dan energi kita yang sangat berharga. Akal sehat kita mungkin mengetahui kalau itu tidak beres. Di sisi lain, keyakinan spiritual kita langsung memberi rasa tenang: bahwa segalanya sudah ada yang mengatur.

 

Apa yang Membuat Anda Khawatir Tentang Masa Depan?

Jadi sebenarnya, apa yang membuat Anda khawatir tentang masa depan? Bukankah fokus pada kekhawatiran tidak hanya membuat Anda sulit untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga menghalangi Anda untuk melihat peluang-peluang?

Kabar baiknya, meskipun kita mungkin tidak benar-benar belajar bagaimana berhenti mengkhawatirkan masa depan, ada beberapa cara untuk membantu kita mengelola kekhawatiran itu dengan lebih baik, sehingga kita dapat menghemat waktu.

 

Melatih Rasa Syukur

Otak Anda tidak dapat memikirkan pikiran-pikiran positif dan negatif pada saat yang sama. Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, kekhawatiran menciptakan pikiran dan perasaan negatif. Sebaliknya, sikap syukur berlaku sebaliknya. Ketika rasa khawatir itu muncul, coba mulai mendaftar semua hal yang Anda syukuri sampai Anda kembali tidur.

 

Berani Menghadapi Kenyataan

Mengelola kekhawatiran pada masa depan adalah menyadari risikonya. Sudah terlalu umum untuk menyingkirkan kekhawatiran atau mencoba dan menyelesaikannya. Akan tetapi, melakukan itu mungkin hanyalah menyamarkan perasaan khawatir yang masih ada, yang mungkin justru memunculkan kekhawatiran lain.

Daripada mencoba untuk mengabaikan kekhawatiran, tanyakan kepada diri sendiri pertanyaan berikut, “Bagaimana jika apa yang saya khawatirkan benar-benar terjadi?” Setelah Anda mendapatkan jawaban Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan lanjutan ini,

“Lalu apa yang akan terjadi?” Terus ajukan pertanyaan tindak lanjut sampai Anda kehabisan kata. “Lalu apa lagi?”.

Coba saja dan buktikan bahwa melakukan latihan ini bisa menghilangkan rasa khawatir secara bertahap. Khawatir tidak membawa Anda ke tempat di mana semuanya nyaman. Khawatir tidak pernah membuat Anda ke mana pun. Khawatir tentang masa depan juga bisa menyerap energi Anda. Mengapa Anda tidak memilih fokus pada daftar hal positif atau memperhatikan banyak peluang yang menunggu Anda?




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar