5 Sikap yang Perlu Diperbaiki pada Setiap Orang yang Menjalankan Usaha

Berbicara tentang sikap, tentunya itu adalah hal yang unik pada masing-masing orang. Begitu juga bagi orang yang menjalankan usaha, sikap dirinya kepada pelanggannya sangat menentukan. Pelanggan ialah orang-orang yang keberadaannya sangat berarti untuk keberlangsungan bisnis. Mereka ingin memenuhi kebutuhannya.

Mereka ingin pelayanan yang terbaik. Berikut ini adalah 5 sikap yang perlu diperbaiki pada setiap orang yang menjalankan usaha.

Pemahaman dan Empati

Bagaimana pelanggan ingin diperlakukan adalah tak jauh beda dengan bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Ada baiknya seorang yang menawarkan atau menjual produk kepada pelanggan dapat menempatkan diri pada posisi mereka. Untuk bisa memenuhi hak pelanggan, berikan empati dan pemahaman kepada mereka.

Sikap yang Ramah

Ramah tamah adalah hal yang mendasar dari semua hubungan baik dengan orang lain, begitu juga jika bicara tentang kebutuhan pelanggan. Menunjukkan keramahan di depan pelanggan bisa dilakukan dengan sambutan yang bersahabat dengan orang yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Seorang pelanggan seharusnya lebih berhak mendapat perlakuan ramah karena mereka memberi banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Tanpa mempersoalkan status penjual atau pelanggan, kita semua tentunya senang diperlakukan dengan ramah dan tulus.

Bisa Memperlakukan secara Adil

Tidak ada orang yang suka untuk dijadikan nomor dua. Semua orang ingin diperlakukan secara adil. Pelanggan yang juga manusia berperasaan bisa menjadi kesal ketika mereka tidak mendapatkan sesuatu yang menjadi haknya. Apalagi kalau mereka sudah mengeluarkan sejumlah biaya.

Menyampaikan Informasi yang Jelas

Pelanggan perlu mendapatkan edukasi tentang suatu produk. Daripada hanya menawarkan atau menjual, sebaiknya beri tahu pelanggan tentang produk dan layanan Anda dan mengapa ‘mereka harus membeli’. Sejak awal, sadari bahwa pelanggan Anda memiliki waktu yang berharga. Karena itu mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu berharga itu dengan menebak-nebak keunggulan suatu produk atau layanan. Berikan informasi kepada mereka dengan media yang mudah dijangkau.

Memberi Pilihan dan Alternatif

Seorang yang melayani pelanggan menyadari bahwa mereka mungkin tidak selalu bisa menyediakan sesuatu yang dicari oleh pelanggan. Pelanggan berhak merasa bahwa mereka memiliki ‘jalan lain’ untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Karena itu, tak ada salahnya untuk memberi pilihan dan alternatif kepada pelanggan.

Ingin lebih mengasah bakat Anda dalam hal bisnis? Ikuti Workshop iGAME (iBiz Gerakan Anak Muda Entrepreneur) pada tanggal 27-29 April 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.