Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja pada Tahun 2020

 

Untuk Anda khususnya yang masih muda dan sedang meniti karir, hal yang perlu kita sadari adalah dunia kerja berubah, atau lebih tepatnya berkembang. Beberapa pekerjaan pun mengalami kemajuan lebih cepat daripada yang lain.

Berdasarkan penelitian dari World Economic Forum (WEF) didapatlah poin-poin tentang skill yang paling dibutuhkan di dunia. Mereka menyebutnya The 10 skills you need to thrive in the Fourth Industrial Revolution. Artikel sebelumnya sudah membahas skill yang paling dibutuhkan dunia kerja, dan apa saja skill lainnya?

 

6. Kecerdasan Emosional

Karena kemajuan teknologi, negara-negara maju sudah menghilangkan beberapa jenis pekerjaan karena bisa digantikan oleh robot. Tapi, satu hal yang perlu kita pahami, robot memang bisa melakukan banyak hal, tapi mereka tidak punya kecerdasan emosional (atau mungkin belum?). Setidaknya sampai saat ini robot dan mesin tidak bisa memahami perasaan orang lain seperti yang dilakukan manusia.

 

7.Pengambilan Keputusan

Ada saatnya organisasi berurusan dengan banyak data. Saat itulah, ada kebutuhan yang lebih besar untuk dapat menganalisanya demi membuat keputusan yang tepat, juga cepat. Pengambilan keputusan ini juga terkait dengan bagaimana cara memberi dukungan ke rekan kerja atau memberikan saran-saran yang tepat kepada seorang manajer.

 

8.Berorientasi pada layanan

Seberapa banyak Anda membantu tim Anda, atasan Anda, dan orang-orang di seluruh industri? Berapa banyak yang Anda ketahui untuk itu? Orientasi layanan ini didefinisikan sebagai keaktifan mencari cara untuk membantu orang lain.

 

9.Keterampilan negosiasi

Pada tahun 2015, negosiasi termasuk dalam daftar keterampilan terpenting, tapi pada tahun 2020 justru turun karena ‘kemampuan mesin yang meningkat’. Mesin semakin ‘pintar’ menggunakan banyak data dan membuat keputusan untuk manusia.

 

10.Cognitive flexibility

Fleksibilitas kognitif ini bisa diartikan sebagai kemampuan kita berkomunikasi dengan cara yang tepat berdasarkan siapa yang diajak bicara. Bisa juga berarti kecerdasan dalam bertindak yang melibatkan kreativitas, penalaran logis, dan sensitivitas menghadapi masalah.

Itulah 10 skill yang paling dibutuhkan di tahun 2020. Jangan khawatir, ini bukan berarti bahwa kita diharapkan untuk menyelesaikan masalah dunia. Kita hanya berfokus pada inovasi dan kemandirian untuk melakukan apapun yang dibutuhkan.